21 January 2022, 17:25 WIB

Empat Cara untuk Tingkatkan Semangat Belajar Anak


Mediaindonesia.com | Humaniora

KEBERHASILAN anak tidak terlepas dari dukungan orang tua yang senantiasa membimbing dan mendampingi selama proses belajar. Dengan kemampuan mengendalikan diri yang belum optimal, ada kalanya rasa enggan dan jenuh dalam belajar menguasai mereka dan proses belajar pun jadi terhambat.

Hal ini dapat disebabkan karena beberapa faktor, seperti gaya belajar yang tidak sesuai, lingkungan yang tidak mendukung, atau kondisi tubuh yang sedang tidak fit. Untuk itu, orang tua mengemban peranan penting untuk mendampingi dan memotivasi anak, terlebih yang tengah menginjak bangku sekolah dasar, agar semangat belajar anak dapat terus tumbuh dan proses pembelajaran berjalan semakin efektif. Demikian dipaparkan COO Sekolah.mu, Radinka Qiera.  

Baca juga: Optimalkan Pencegahan Kekerasan terhadap Anak

Ia pun memberikan 4 kiat untuk meningkatkan semangat belajar anak dengan membangun rutinitas sehat. Langkah pertama untuk membangun kebiasaan belajar yang konsisten adalah dengan menentukan waktu belajar yang tepat.

"Rencanakanlah agenda keseharian anak dengan porsi yang sesuai dengan kemampuan anak dan orang tua. Sebelum menentukan agenda belajar, carilah waktu yang tepat bagi si kecil agar proses belajar bisa berjalan semakin efektif. Tidak perlu terlalu lama, belajar efektif bisa dilakukan dalam waktu 1-2 jam per hari yang mencakup pengulangan materi, mengerjakan PR, atau membaca materi yang akan dibahas keesokan harinya di sekolah," ujarnya.

Kemdudian berikan metode pembelajaran yang mengasyikkan. Tidak semua anak menikmati metode pembelajaran yang samao. Maka dari itu, orang tua perlu tahu metode belajar mana yang paling sesuai dengan si kecil agar kegiatan belajar di rumah semakin menyenangkan. Banyak metode pembelajaran yang dapat dicoba untuk mengetahui metode mana yang paling cocok untuk anak, seperti dengan diskusi, eksperimen, demonstrasi, ceramah, debat, peta konsep, pembelajaran daring, hingga blended learning.

Blended learning sendiri adalah sebuah metode pembelajaran yang tergolong baru, yaitu dengan cara menggabungkan strategi pembelajaran tatap muka dan pembelajaran jarak jauh atau daring. Bagi yang ingin mencoba metode pembelajaran blended learning , platform belajar Sekolah.mu hadir untuk menemanidi rumah. Dilengkapi dengan berbagai fitur dan layanan seperti Pembelajaran Terjadwal, Pembelajaran Mandiri, Hasil Pembelajaran, hingga Playkit Sekolah.mu akan menemani waktu belajar anak agar tidak membosankan namun tetap produktif.

“Orang tua berperan penting dalam menciptakan rutinitas belajar yang nyaman untuk anak. Jika anak sudah merasa nyaman dengan rutinitasnya, tentu ia akan terbiasa dan bahkan bisa menjadi sangat antusias menyambut waktu belajar. Namun, Sekolah.mu menyadari bahwa memotivasi anak dalam belajar bukanlah hal yang mudah. Sehingga, kami hadir sebagai sebuah platform belajar untuk mendampingi para orang tua dengan membawakan sistem blended learning agar proses belajar semakin terasa menyenangkan. Untuk semakin mendukung kegiatan belajar anak dan orang tua, Sekolah.mu menghadirkan voucher cashback hingga 100% selama periode kampanye ShopeePay Day tanggal 22-24 Januari dan Shopee Mantul Sale pada tanggal 25-27 Januari mendatang,” katanya.

Ketiga, berikan waktu istirahat yang cukup dan berkualitas. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga butuh waktu istirahat yang cukup dan berkualitas. Bagaimanapun juga, anak sudah menghabiskan banyak waktu dan energi untuk belajar. Kekurangan istirahat bisa membuat anak hilang konsentrasi dan bahkan mengalami gangguan kesehatan.

Dan keempat, berikan apresiasi atas pencapaian target belajar. "Berikanlah anak apresiasi dalam bentuk pujian atau hadiah tiap kali ia berhasil mencapai target belajarnya. Apresiasi ini merupakan sebuah bentuk penghargaan atas usaha yang telah dikerahkan oleh anak dalam belajar. Apabila anak merasa dihargai atas usahanya, tentu ia akan semakin semangat belajar. Dengan begitu, anak akan termotivasi untuk memberikan hasil yang terbaik. Sebagai tips tambahan, berikanlah hadiah yang dapat mendukung proses pembelajaran anak seperti buku, permainan edukatif, hingga perlengkapan seni rupa seperti cat lukis, krayon, atau pensil warna, untuk mendukung kreativitas anak," tegasnya.

Untuk mencari tahu layanan dari Sekolah.mu mulai dari Living English, Living Quran, Literasi Numerasi, hingga Kreativitas Motorik untuk berbagai kebutuhan edukasi melalui sekolah.mu. Tidak hanya itu, Sekolah.mu juga menyediakan paket kelas persiapan UTBK bagi anak yang sebentar lagi akan menghadapi ujian. Para orang tua juga bisa menikmati promo voucher cashback hingga 100% selama periode kampanye ShopeePay Day dan Shopee Mantul Sale pada  22-27 Januari. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT