19 January 2022, 12:01 WIB

Kasus Covid-19 Naik, Jubir Pemerintah: Terus Jalankan Protokol Kesehatan Ketat


Andhika Prasetyo | Humaniora

PEMERINTAH mencatat terdapat tambahan 1.362 kasus harian covid-19 pada Selasa (18/1). Jumlah tersebut adalah yang tertinggi sejak pertengahan Oktober 2021 silam.

Oleh karena itu, Juru Bicara Pemerintah Reisa Broto Asmoro meminta masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ketat. Menggunakan masker, mencuci tangan dan menjauhi kerumunan harus terus dilakukan.

“Kita punya pengalaman buruk di tahun lalu. Setelah terjadi peningkatan mobilitas dan pelemahan protokol kesehatan pada musim liburan, terjadi peningkatan kasus luar biasa. Jangan sampai itu terulang lagi. Protokol kesehatan harus terus dijalankan secara ketat,” ujar Reisa di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (19/1).

Pemerintah pun terus melakukan upaya maksimal dalam pelaksanaan vaksinasi. Per 18 Januari 2022, pemerintah telah menyuntikkan lebih dari 300 juta dosis vaksin covid-19 kepada masyarakat.

Vaksin penguat pun telah mulai diberikan sejak pekan lalu guna memperkuat antibodi penduduk.

“Bagi yang belum vaksin, segera vaksin. Bagi yang telah mendapat vaksin pertama, segera daftar untuk suntikan kedua. Apapun vaksinnya semua sama, semua memberikan hasil maksimal dalam membentuk antibodi dan menangkal semua varian covid-19,” jelasnya.

Terkait perkembangan kasus omikron, pemerintah mencatat, pada 18 Januari, terdapat 882 kasus yang terdeteksi di Tanah Air. Namun, sebanyak 276 di antara mereka sudah dinyatakan sehat. (Pra/OL-09)

BERITA TERKAIT