19 January 2022, 10:09 WIB

Atasi Sampah Plastik di Tanah Air dengan Mesin Penukaran Botol Plastik


mediaindonesia.com | Humaniora

DALAM mengelola sampah, pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 27 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Spesifik, 

Melalui Sosialisasi PP No. 27 Tahun 2020, masyarakat diharapkan dapat teredukasi terkait pengelolaan sampah spesifik, dan kemudian mau melakukan pemilahan sampah dari rumah, 

Untuk mendukung program pemerintah dalam pengelolaan sampah, Danone-Aqua bekerja sama dengan Alfamart dan PlasticPay, melalui gerakan sosial berbasis platform digital, meluncurkan inovasi terbaru, buatan asli 100% dalam negeri.

Inovasi tersebut berupa Aqua Reverse Vending Machine (RVM) atau Mesin Penukaran Botol plastik pascakonsumsi bagi masyarakat untuk memfasilitasi dan mempermudah pengelolaan sampah botol plastik.

Inisiatif terbaru ini merupakan cara baru bagi konsumen untuk ikut ambil bagian dalam menyelamatkan bumi dari sampah plastik dengan mengumpulkan dan mengelola kemasan botol plastik paska konsumsi dengan benar.

Reverse vending machine yang diinisiasi Danone-Aqua bersama Alfamart ini, untuk tahap pertama akan ditempatkan di lima toko Alfamart yang berlokasi di Jakarta dan Tangerang.

“Bagi Danone-Aqua, inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen kami yang diwujudkan melalui gerakan #BijakBerplastik yang diluncurkan sejak 2018," kata VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto pada keterangan pers, Rabu (19/1)

Gerakan ini selain bertujuan mempertegas posisi perusahaan sebagai pelopor pengumpulan dan daur ulang kemasan plastik pascakonsumsi, juga untuk mendukung ambisi pemerintah mengurangi sampah plastik yang masuk ke lautan sebesar 70% di 2025.

Mengacu pada hasil riset yang dilakukan oleh Sustainable Waste Indonesia (SWI) daur ulang sampah plastik di Indonesia masih tergolong kecil yaitu di bawah angka 10%,

"Untuk itu diperlukan upaya inovatif untuk meningkatkan laju pengumpulan dan daur ulang kemasan plastik bekas,” ucapa Vera.

Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin mengapresiasi kerja sama dengan Danone-Aqua untuk karena ikut berkontribusi memberikan solusi bagi pengelolaan sampah plastik di Indonesia.

Komitmen Alfamart Sahabat Bumi ditunjukkan dengan kerja sama untuk menginisiasi alternatif baru bagi masyarakat untuk ikut bijak mengelola kemasan botol plastik pascakonsumsi.

“Kami melihat jaringan kami yang berjumlah lebih dari 16.000 gerai dan tersebar di seluruh Indonesia," kata Solihin.

Jaringan besar ini merupakan kekuatan luar biasa yang dapat dimanfaatkan untuk mengedukasi masyarakat.

"Sekaligus memberi kemudahan bagi mereka untuk dapat berperan aktif mendukung pengelolaan sampah plastik yang menjadi salah satu prioritas pemerintah saat ini," katanya. (RO/OL-09) 
 

BERITA TERKAIT