18 January 2022, 20:48 WIB

Vaksinasi di Kalteng Capai 83,47 Persen


Ant | Humaniora

SATGAS Penanganan COVID-19 Provinsi Kalimantan Tengah menyampaikan, capaian target vaksinasi dosis I di wilayah setempat telah mencapai 83,47 persen.

"Semua kabupaten dan kota telah mencapai di atas 70 persen untuk vaksinasi dosis I," kata Tim Komunikasi Publik Satgas Penanganan COVID-19 Kalteng, Agus Siswadi di Palangka Raya, Selasa (18/1).

Kota Palangka Raya berada di urutan pertama dengan capaian vaksinasi dosis I yaitu 111,02 persen, disusul Kotawaringin Barat 102,74 persen, Sukamara 96,24 persen, serta kabupaten lainnya.

Sedangkan capaian vaksinasi dosis II untuk tingkat provinsi sudah mencapai 51,06 persen, serta vaksinasi dosis III (booster) 1,96 persen. Capaian-capaian tersebut berdasarkan rekap data satgas per 17 Januari 2022.

"Pemprov bersama pemkab dan pemkot, serta pihak terkait lainnya terus mendorong agar percepatan vaksinasi bisa terus dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19," terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, berdasarkan perkembangan terbaru per 18 Januari 2022, kasus konfirmasi bertambah satu orang yaitu di Seruyan, sehingga jumlah akumulasi terhitung sejak kasus pertama hingga kini menjadi sebanyak 46.733 kasus.

Sembuh bertambah sebanyak tiga orang, yaitu di Sukamara dua orang dan Seruyan satu orang. Dalam perawatan terjadi penurunan sebanyak dua orang, sehingga dari semula lima orang kini menjadi tiga orang.

Pihaknya juga menyampaikan, untuk saat ini keterpakaian tempat tidur pada rumah sakit atau 'bed occupancy rate' (BOR), yaitu tempat tidur intensif tidak mengalami perubahan tempat tidur terpakai 0,00 persen, sehingga menjadi 2,38 persen. Tidak ada kabupaten dan kota yang BOR di atas 50 persen.

"Sementara itu untuk tempat tidur isolasi mengalami penurunan tempat tidur terpakai 0,78 persen, sehingga dari 1,21 persen menjadi 0,43 persen dan tidak ada kabupaten dan kota yang BOR di atas 50 persen," jelasnya.

Tim Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kalteng selalu mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari keramaian atau kerumunan. (OL-8)

BERITA TERKAIT