18 January 2022, 20:24 WIB

Kunjungi Pabrik Amarox, Menkes Berharap Obat-Obatan Penting Bisa DIproduksi di Indonesia 


Ghani Nurcahyadi |

KEMENTERIAN Kesehatan tengah menjalankan reformasi sistem kesehatan, yang salah satunya adalah reformasi sistem ketahanan kesehatan nasional, termasuk dalam hal penyediaan obat-obatan. Dengan reformasi itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berharap obat-obatan yang penting dibuat di Indonesia, serta menyerap tenaga kerja Indonesia. Sehingga apabila ada pandemi, Indonesia tidak tergantung negara lain. 

Untuk itu, Budi berharap PT Amarox Pharma Global dapat membangun fasilitas pembuatan obat-obatan tersebut. Selain itu, Amarox diharapkan dalam jangka pendek dapat membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid 19. 

"Khususnya dalam hal penyediaan obat-obatan," katanya dalam kunjungan ke PT Amarox Pharma Global. 

Country Manager PT Amarox Pharma Global Sandeep Sur mengatakan, pihaknya sangat mendukung upaya reformasi sistem kesehatan di Indonesia dan siap memproduksi obat-obatan yang penting bagi masyarakat. 

"Pabrik Amarox yang ada di kawasan Cikarang memiliki berbagai fasilitas modern untuk pembuatan obat-obatan. Selain itu, kami juga tengah mengembangkan pabrik untuk peningkatan produksi," ujarnya. 

Baca juga : Kemenko PMK Prioritaskan Relokasi Rumah dan Perbaikan Sekolah Akibat Gempa Banten

Sandeep Sur menambahkan, pihaknya juga berkomitmen mendukung pemerintah Indonesia dalam mengatasi pandemi Covid-19. Dalam hal kesiapan produksi, Amarox telah siap 100% baik dari sisi bahan baku, teknologi, sumber daya manusia maupun fasilitas produksinya yang ada di pabrik PT Amarox Pharma Global di Cikarang. 

"Dengan dilakukannya produksi secara lokal di Cikarang, tentunya akan menjadi hal yang positif bagi masyarakat, dimana untuk penyediaan obat antivirus covid-19 ini tidak perlu dengan impor," tuturnnya. 

PT Amarox Pharma Global sendiri merupakan anak usaha Hetero, perusahaan farmasi generik di India dan produsen obat anti-retroviral di dunia. Didukung oleh 27 tahun keahlian di industri farmasi, area bisnis strategis Hetero tersebar di API, obat generik, biosimilar, layanan farmasi khusus, dan obat generik bermerek. Perusahaan ini diakui secara global untuk kekuatannya dalam Penelitian dan Pengembangan, manufaktur dan komersialisasi berbagai macam produk. 

Hetero memiliki 36 fasilitas manufaktur canggih yang berlokasi strategis di seluruh dunia, disetujui oleh otoritas regulasi global yang ketat. Portofolionya mencakup lebih dari 300 produk yang mencakup kategori terapi utama seperti HIV/AIDS, Onkologi, Kardiovaskular, Neurologi, Hepatitis, Nefrologi, Urologi, Diabetes, Oftalmologi, Hepatologi dan Imunologi, dan lain-lain. 

Hetero memiliki kehadiran global yang kuat di lebih dari 126 negara dan berfokus untuk membuat obat-obatan yang terjangkau dapat diakses oleh pasien di seluruh dunia. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT