17 January 2022, 21:40 WIB

Persiapan Haji 1443 H, Kemenkes Sudah Rekrut 1.827 Petugas Kesehatan


M Iqbal Al Machmudi | Humaniora

MESKI kepastian penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 H/2022 M belum pasti, namun Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah merekrut dan melatih 1.827 orang untuk menjadi petugas lapangan kesehatan ibadah haji di Indonesia dan Arab Saudi.

"Kami sudah melakukan rekrutmen petugas kesehatan haji ada 1.827 orang terdiri 306 petugas penyelenggara ibadah Haji (PPIH) dan 1.521 tenaga kesehatan haji," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kunta Wibawa Dasa Nugraha dalam Rapat Kerja dengan Komisi VIII di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (17/1).

Selain itu juga telah direkrut 200 orang tenaga pendukung kesehatan Arab Saudi. Ini adalah merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Arab Saudi yang direkrut untuk mendukung tugas pelayanan kesehatan haji di Arab Saudi.

Contohnya ada pendampingan orang sakit, kemudian penghubung dengan rumah sakit Arab Saudi, pengemudi, dan petugas kebersihan.

Untuk meningkatkan kompetensi petugas, diberikan juga pelatihan kompetensi kepada petugas kesehatan haji agar memahami tugas dan fungsinya sebagai petugas kesehatan haji di lapangan jadi. Peningkatan kompetensi ini diadakan oleh balai pelatihan kesehatan di 13 provinsi embarkasi.

"Selain itu kita juga akan peningkatan kompetensi petugas terutama untuk integrasi petugas bersama Kementerian Agama untuk memberikan pelayanan kepada jemaah haji pembekalan ini juga dilakukan di asrama haji di 13 provinsi embarkasi," pungkasnya. (H-2)

BERITA TERKAIT