14 January 2022, 23:44 WIB

CCOF Suntik Dana untuk Startup Pengelola Sampah Reciki


Abdillah M Marzuqi | Humaniora

CIRCULATE Capital Ocean Fund (CCOF) berinvestasi di startup pengelolaan sampah Reciki Solusi Indonesia (Reciki). Perusahaan manajemen investasi itu mendanai usaha kecil dan menengah (UKM) untuk memerangi polusi plastik di laut dan perubahan iklim dengan memajukan ekonomi sirkular.

"Kami percaya Reciki akan memberikan dampak nyata dan membantu Indonesia mencapai ambisi kepemimpinan dalam pencegahan polusi plastik," kata founder dan CEO dari Circulate Capital Rob Kaplan.

Reciki didirikan pada 2019 dengan konsep solusi homegrown (buatan lokal) yang fokus pada pengelolaan sampah. Reciki berupaya mencapai zero- waste-to-landfill melalui fasilitas pemulihan material atau material recovery facilities (MRF). 

Caranya dengan memilah sampah yang berasal dari rumah tangga dan kawasan komersial, lalu memulihkan bahan yang dapat didaur ulang seperti plastik bekas kemasan ataupun botol.
Reciki saat ini mengoperasikan dua MRF di Lamongan (Jawa Timur) dan Badung (Bali) bermitra dengan Danone AQUA. Reciki menawarkan model bisnis pengelolaan sampah yang berpotensi dapat meningkatkan jumlah sampah terdaur ulang secara signifikan. 

Hal itu juga untuk mengatasi inefisiensi dan terbatasnya kapasitas di tempat pembuangan akhir (TPA). Oleh sebab itu model bisnis disesuaikan dengan kondisi tiap kota, utamanya dalam proses penyortiran dan distribusi.

Suntikan dana CCOF hendak digunakan Reciki untuk menambah fasilitas hingga mampu memproses lebih dari 1.000 ton sampah per hari. Reciki juga berupaya menciptakan lebih dari 400 lapangan kerja di industri pengelolaan sampah. (OL-8)

BERITA TERKAIT