14 January 2022, 18:21 WIB

Kartu Prakerja Jokowi Tingkatkan Produktivitas Milenial


Widhoroso | Humaniora

KARTU prakerja yang diluncurkan Presiden Joko Widodo pada Maret 2020  sudah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya para generasi muda. Kartu sakti tersebut dinilai mampu meningkatkan soft skill dan produktivitas milenial.

Tokoh pemuda Kalimantan Tengah, Riko Rahman mengapresiasi kartu prakerja yang digagas Jokowi. Menurutnya Jokowi banyak membawa terobosan khususnya untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM). "Kartu pra kerja mampu meningkatkan soft skill," kata Riko dalam keterangan yang diterima, Jumat (14/1).

Senada dengan Riko, apresiasi terhadap kartu prakerja Jokowi juga disampaikan Presiden Mahasiswa Universitas Palangka Raya (UPR) Restu Ronggo Wicaksono. Menurutnya, kartu gagasan Jokowi ini adalah investasi ilmu yang sangat berharga untuk anak-anak muda.

"Saya melihat konteks dari kartu prakerja ini bukan hanya bantuan materil. Tapi di dalamnya ada sebuah investasi ilmu untuk masyarakat. Di mana diharapkan masyarakat bukan hanya menerima bantuan, tapi memberikan manfaat keterampilan setelahnya," ujar Restu.

Tidak hanya dari sisi pembangunan sumber daya manusianya, Restu juga melihat jika kartu pra-kerja sangat membantu. Mereka yang ikut program kartu prakerja memiliki ilmu yang cukup sebelum memasuki dunia kerja.

"Kita melihat kondisi saat ini khususnya di 2020 mulai masuknya pandemi ke Indonesia yang menyebabkan tingkat kemiskinan tinggi. Kita melihat adanya jaringan bantuan sosial ini khususnya kartu pra kerja yang membantu perkonomian masyarakat,” terang Restu. (RO/OL-15)

 

BERITA TERKAIT