11 January 2022, 16:56 WIB

Anak Petani: KIP Kuliah Jokowi Wujudkan Mimpi Ke Perguruan Tinggi


Widhoroso | Humaniora

PRESIDEN Joko Widodo memiliki program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk anak-anak yang datang dari keluarga pra sejahtera. KIP Kuliah ini terbukti telah membantu hingga sekitar 200 ribu mahasiswa di seluruh Indonesia pada 2021.

Hal itu terungkap dalam seminar nasional "Peran Kartu Sakti Terhadap Peningkatan Kualitas SDM Indonesia" yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Selasa (11/1), Seminar ini dihadiri berbagai kalangan termasuk mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Jerni Latuambataruan, 19, salah seorang penerima KIP Kuliah mengaku sangat terbantu dengan adanya program ini. Setidaknya dirinya bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.

"Sangat bermanfaat sekali. Penggunaannya sekali dua bulan sebanyak dua juta dua ratus,” kata Jerni di Aula Palangka Raya, Universitas Palangka Raya.

Jerni mengungkapkan bahwa kedua orang tuanya tidak mampu memenuhi biaya kuliah. Sehingga tidak terpikir untuk duduk di perguruan tinggi. "Orang tua saya petani,” ucapnya.

Dia menyebut KIP Kuliah membuat dirinya bisa mengambil Jurusan Pendidikan Biologi di Universitas Palangka Raya. Jika tidak ada KIP Kuliah tidak mungkin dia dan mahasiswa lainnya bisa kuliah. "Kalau enggak ada KIP Kuliah, aku enggak datang ke sini, karena enggak ada biaya juga," ungkapnya. (RO/OL-15)

BERITA TERKAIT