11 January 2022, 11:54 WIB

Pengendalian Bantaran Sungai Jadi Kunci Mitigasi Bencana Banjir


Atalya Puspa | Humaniora

KEPALA Pusat Studi Bencana, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University Dr.Doni Yusri menjelaskan bahwa mitigasi dan penanganan bencana banjir sebaiknya difokuskan pada pengendalian pemanfaatan bantaran sungai.

Selain itu, perlu pengendalian juga di proses pembebasan tanah, penganggaran pembangunan dan kewenangan masing-masing lembaga.

“Memang perlu keterlibatan dari beberapa pihak untuk memberikan solusi mitigasi ini. Kajian memang perlu dilakukan, namun aksi nyata dari berbagai lembaga juga masyarakat mesti cepat dilakukan. Ini dikarenakan sepanjang bantaran sungai banyak perubahan dari tutupan lahan yang ada,” kata Doni dalam keterangan resmi, Selasa (11/1).

Lebih lanjut Doni menjelaskan bahwa kajian-kajian yang dilakukan bisa saja dengan pendekatan manajemen risiko bencana.

Kajian dan aksi diperlukan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya bencana atau mengurangi daya rusak atas bencana yang tidak dapat dihindarkan.

Doni berharap ada satu kegiatan pendampingan yang dapat dilakukan bersama untuk masyarakat desa setempat.

“Pada dasarnya masyarakat yang tinggal di dekat atau di sekitar aliran sungai sadar terhadap risiko bahaya dan kerugian yang ditimbulkan oleh bencana banjir," ucap dia. (Ata/OL-09)

BERITA TERKAIT