10 January 2022, 16:28 WIB

Luhut: Masih Ada 13,6 juta orang di Jawa dan Bali Belum Terlindungi dari Covid-19


M. Iqbal Al Machmudi |

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan terdapat 13,6 juta orang di Jawa dan Bali yang masih belum terlindungi oleh vaksinasi.

"Kita harus berhati-hati meski antibodi sudah tinggi baik dari vaksinasi maupun karena infeksi sebelumnya, yaitu menghitung masih ada 13,6 juta orang di Jawa dan Bali atau 9% yang belum terlindungi," kata Luhut dalam konferensi pers PPKM secara daring, Senin (10/1).

"Ini angka tidak kecil hal ini mengharuskan pemerintah terus mendorong percepatan vaksinasi terutama di kabupaten/kota yang dosis satu masih di bawah 50 persen," sambungnya.

Meski begitu dirinya yakin bahwa covid-19 dapat dicegah dengan kedisiplinan yang kuat dan semangat gotong royong dilakukan seluruh elemen bangsa secara terus-menerus tanpa putus-putusnya.

Luhut menegaskan bahwa sistem kesehatan hari ini cukup siap menghadapi adanya varian baru yang kembali mengancam kehidupan. Namun langkah preventif merupakan kunci utama agar bisa terhindar dari ancaman ini.

"Tidak perlulah mencari kekurangan di sana-sini tapi kita harus saling mengingatkan dengan baik pencegahan omikron. Tentunya tidak dapat hanya dilakukan oleh pemerintah saja namun juga harus melibatkan para peran serta masyarakat mulai penegakan protokol kesehatan yang tidak boleh jenuh hingga penggunaan PeduliLindungi dengan baik," ungkapnya.

Saat ini pemerintah juga terus melakukan langkah-langkah persiapan dengan meminta kepada seluruh daerah sedini mungkin mempersiapkan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan isolasi terpusat untuk memitigasi dan tidak diinginkan.

Selain itu peningkatan 3T juga harus menjadi program prioritas pemerintah untuk mencegah kasus meningkat kembali. (OL-12)

BERITA TERKAIT