30 December 2021, 15:30 WIB

ITNY Unggulkan Magister Kegunung Apian


Budi Ernanto | Humaniora

ALUMNI Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) dekade 1990-an baru-baru ini mengikuti reuni dengan dosen-dosen mereka untuk melepas melepas rindu.

Tidak hanya sekedar temu kangen sambil mengingat kisah menarik pada saat perkuliahan dulu, seluruh alumnus itu juga memperbincangkan kemungkinan mereka untuk kembali berkuliah di di ITNY.

ITNY sendiri merupakan salah satu kampus penghasil geolog-geolog handal di Indonesia. Lulusan kampus yang terletak di bilangan Babarsari, Yogyakarta ini banyak yang terjun ke industri pertambangan di Tanah Air.

"Kampus ITNY sekarang sudah membuka program magister, sebagai seorang alumnus tentu saya sangat senang dan bangga. Saya akan segera mendaftar dan meminta nomor induk mahasiswa dengan nomor urut pertama," ujar para alumni dari kampus tersebut antara lain Mudor Musa, Iin, dan Andes yang ikut acara reuni itu.

ITNY sendiri tahun ini telah mendapatkan SK dari Kemenristek DIKTI untuk membuka program magister. Pihak kampus disebutkan yakin program magister ITNY akan bisa merebut hati para mahasiswa yang ingin mendalami ilmu geologi.

Baca juga: Peran Media Majukan Pendidikan Bangsa

"Kita ini terkenal jago di lapangan, kalau kita ke Kalimantan, Sulawesi atau Papua banyak alumni kita yang bekerja untuk industri pertambangan di sana. Bahkan teman-temen perguruan tinggi negeri mengatakan bahwa ITNY unggul di lapangan," ujar Dr Ir Irham MT selaku Rektor ITNY.

Proses pembukaan jenjang magister itu, kata Irham, mengalami proses yang cukup panjang. Programnya telah dirancang sejak 2008, lalu baru bisa memenuhi seluruh persyaratan pada 2018 dan disahkan oleh DIKTI pada tahun ini.

"Keunggulan magister kita adalah kegunung apian, yaitu kaitannya dengan penelitian yang ada dengan gunung api dan itu terkait dengan energi terbarukan yaitu energi panas bumi, energi mineral yang dihasilkan oleh kegiatan atau erupsi gunung api," ungkap Dr Hill Gendoet Hartono MT selaku Wakil Rektor III ITNY.

Diharapkan melalui adanya program magister di ITNY dengan keunggulan spesifikasi penelitian terkait gunung api, akan memberikan sumbangsih yang besar bagi Indonesia. Apalagi Indonesia terkenal dengan rangkaian cincin gunung api atau yang terkenal dengan istilah Ring of Fire. (R-3)

BERITA TERKAIT