28 December 2021, 15:31 WIB

Badan Bahasa: Kata 'Vaksin, Jadi Word of The Year 2021


 Faustinus Nua | Humaniora

BADAN Pengembangan Bahasa atau Badan Bahasa Kemendikbud-Ristek memilih kata 'vaksin' sebagai Kata Tahu Ini (KTI) atau word of the year 2021.

Kata 'vaksin' menjadi yang paling populer dan fenomenal selama setahun terakhir, bersaing dengan kata-kata populer lain seperti presidensi, infodemik, krisis iklim dan lainnya.

"Di tahun 2021 kata yang muncul sebagi kata populer itu kata vaksin. Kata vaksin itu muncul banyak sekali bukan hanya populer tetapi menunjukan fenomena di tahun 2021 sejalan program pemerintah," ujar Kepala Badan Bahasa Endang Aminudin Aziz dalam konferensi pers, Selasa (28/12).

Kata 'vaksin', memvaksin, vaksinasi dan turunannya disebut sangat populer berdasarkan Google Trends. Tidak hanya populer, kata vaksin juga dikenal hampir semua masyarakat Indonesia karena program vaksinasi yang menyasar 70% pendudukan.

Berbeda dengan kata-kata lain seperti presidensi, infodemik atau krisis iklim yang juga populer di Google Trends. Kata-kata tersebut lebih banyak populer di kalangan masyarakat perkotaan dan berlangsung hanya dalam beberapa bulan.

"Walaupun secara frekuensi kata presidensi cukup populer akhir-akhir ini tapi ketersebaran sepanjang tahun itu vaksin lebih merata," imbuhnya.

Di lingkup internasional, kata vaksin juga banyak dinobatkan sebagai word of the year. Salah satunya adalah Oxford yang juga memilih vaksin sebagai kata paling populer.

Adapun, sejak 2019 Badan Bahasa memulai KTI. Pada tahun 2019 kata 'milenial' terpilih sebagai KTI dan pada tahun 2020 kata 'pandemi' jadi word of the year.(Van)

BERITA TERKAIT