27 December 2021, 19:55 WIB

Unpam Gelar Seminar Hasil Penelitian Kebijakan MBKM dan PkM Berbasis Penelitian


Mediaindonesia.com | Humaniora

UNIVERSITAS Pamulang menggelar seminar hasil penelitian kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian dan purwarupa di Garuda Main Hall II ICE BSD., Minggu (26/12).

Sebanyak tujuh tim mempresentasikan hasil kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), penelitian dan purwarupa perguruan tinggi swasta. Satu tim turut mempresentasikan hasil penelitian dampak  kebijakan MBKM di  Universitas Pamulang. 

Ketua Pelaksana kegiatan tersebut, Dr. Ali Maddinsyah, menjelaskan, seminar ini merupakan kegiatan lanjutan dari salah satu rangkaian kegiatan Pelaksanaan bantuan Program Penelitian kebijakan MBKM dan Pengabdian kepada Masyarakat berbasis hasil penelitian yang didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

"Sedianya kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, yakni 25 sampai 27 Desember 2021," ujarnya melalui keterangan resmi, Senin (27/12).

Adapun Rektor Unpam, Dr. E. Nurzaman, mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya Unpam mendukung program pemerintah. Untuk itu, ia berpesan agar dimanfaatkan secara maksimal kesempatan yang sudah diberikan pemerintah kepada Unpam.

"Kita punya sumber daya yang mumpuni. Selain itu juga disokong oleh Yayasan yang selalu mendukung kebijakan universitas untuk mencapai visi-misi. Kita harus bisa membuktikan bahwa Unpam bisa. Tahun berikutnya kita harus bisa lebih baik lagi," tandasnya.

Pernyataan rektor Unpam juga disambut baik oleh Yayasan. Menurutnya, ada banyak bahan di sekitar kampus yang bisa diteliti dan dikembangkan sehingga dapat dimanfaatkan dampaknya oleh masyarakat. "Bahan ada di sekitar kita. Tidak perlu (mencari) jauh-jauh. Contohnya manajemen pengelolaan Yayasan Sasmita Jaya juga unik. Itu bisa diteliti. Semoga ke depannya dapat diterapkan oleh Yayasan lainnya sehingga semua lapisan masyarakat dapat mengenyam pendidikan tinggi," tandasnya.

Kegitan PkM tersebut sebelumnya telah dilaksanakan di sekitar kampus Unpam, seperti implementasi teknologi incenerator untuk pengolah sampah ekala rumah tangga di Posyantek Kecamatan Setu Tangerang Selatan, implementasi administrasi berbasis digital pada kelompok masyarakat bank sampah asri berseri RT 06 RW 09, Benda Baru, Pamulang Tangerang Selatan, implementasi teknologi pembuatan material aerbuk dengan metode mechanical aloying di organisasi kepemudaan GANESPA, Jl. Siliwangi Raya RT. 002 RW. 007, Kecamatan Pamulang. Dalam  kegiatan ini panitia menghadirkan  tujuh reviewer Unpam untuk memberikan penilaan dan merekomendasikan kegiatan terbaik. (RO/OL-8)

BERITA TERKAIT