25 December 2021, 11:28 WIB

Paus Serukan Kerendahan Hati dalam Misa Malam Natal


Atikah Ishmah Winahyu |

PAUS Fransiskus meminta umat beriman untuk menghargai hal-hal kecil dalam hidup dan menunjukkan solidaritas dengan orang miskin, dalam misa Malam Natal di Basilika Santo Petrus, Sabtu (25/12).

Kantor pers Vatikan melaporkan, sekitar 2.000 anggota masyarakat dan 200 tokoh agama hadir, mengenakan masker dan mematuhi aturan jarak sosial sebagai bagian dari langkah-langkah melawan virus korona.

Warga yang tidak berhasil mendapatkan, tiket menonton di layar besar di luar Basilika Santo Petrus.

Paus Argentina berusia 85 tahun itu mengenang para gembala dalam kisah kelahiran Yesus, yang hidup sederhana dan menjadi saksi kelahiran Yesus.

"Di situlah Yesus dilahirkan, dekat dengan mereka, dekat dengan orang-orang pinggiran yang terlupakan. Dia datang di mana martabat manusia diuji,” katanya.

Dia menyerukan kepada orang-orang untuk mencari hal-hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari, hal-hal yang dilakukan setiap hari di rumah, di keluarga , di sekolah dan di tempat kerja.

"Yesus meminta kita untuk menemukan kembali dan menghargai hal-hal kecil dalam hidup," tuturnya.

Fransiskus, mantan Uskup Agung Buenos Aires Jorge Mario Bergoglio, menyerukan lebih banyak solidaritas dengan mereka yang hidup dalam kemiskinan.

"Pada malam penuh cinta ini, semoga kita hanya memiliki satu ketakutan, yaitu menyinggung cinta Tuhan, menyakitinya dengan meremehkan orang miskin dengan ketidakpedulian kita," ujarnya.

Itu adalah misa Malam Natal kedua selama pandemi virus korona.

Tahun lalu hanya sekitar 200 orang, sebagian besar pegawai Vatikan yang hadir dalam misa. (France24/OL-13)

BERITA TERKAIT