21 December 2021, 08:00 WIB

Ini Kesalahan Diet yang Sering Dilakukan Saat Ingin Turun Berat Badan


Basuki Eka Purnama | Humaniora

CEO dan founder lightHOUSE Grace Judio menjelaskan kesalahan yang paling banyak dilakukan seseorang saat sedang menjalani program diet adalah tidak memahami informasi diet secara tepat.

"Kalau lihat dari pasien secara umum, sebetulnya lebih ke arah dia mendapatkan informasi dari Google. Jadi dia search lha ya. Dan informasi itu 1,001 banyaknya, dia juga tidak tahu apa yang tepat untuk dirinya," ungkap Grace saat ditemui di Jakarta, pekan lalu.

"Jadi, misalnya ini sehat, tapi sehat belum tentu membantu menurunkan berat badan. Kemudian ada juga istilah-istilah seperti gluten free. Dia kira itu bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Padahal tidak," sambungnya.

Baca juga: Diet Sehat tidak Semata Soal Jumlah Berat Badan yang Turun

Lebih lanjut, Grace juga menjelaskan seseorang sering kali langsung mengikuti diet orang lain yang sudah berhasil menurunkan berat badannya. Padahal, pola diet dari setiap orang tidaklah sama. 

Oleh sebab itu, wajar jika sebuah metode diet cocok untuk seseorang namun tidak berhasil untuk diri sendiri.

Tidak hanya itu, Grace juga memaparkan selain kesalahan saat melakukan program diet, ada pula beberapa kecenderungan yang banyak dialami. Misalnya saja seperti bulimia yang dengan sengaja memuntahkan makanan karena merasa bersalah setelah mengonsumsi makanan.

"Selain itu ada tendency juga. Yang paling banyak adalah tendency eating disorder. Kalau yang berat kita bisa langsung tahu dan ditanganinya itu super khusus. Misalnya seperti bulimia," kata Grace.

Oleh karena itu, Grace menyarankan untuk tidak sembarangan melakukan program diet. Untuk melakukan diet yang sehat dan sesuai dengan tubuh masing-masing, sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu terhadap ahli gizi hingga psikolog. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT