12 December 2021, 23:11 WIB

Pentahelix Jadi Strategi Untar Kembangkan Mutu Kampus dan Mahasiswa 


Mediaindonesia,com | Humaniora

REKTOR Universitas Tarumanagara (Untar) Agustinus Purna Irawan menekankan pentingnya kolaborasi pentahelix, dalam rangka membangun reputasi perguruan tinggi. 

Sinergi antar berbagai kepentingan itu, menurut Agustinus, kunci untuk mensosialisasikan kompetensi dan pencapaian Universitas Tarumanagara, supaya tersampaikan dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. 

"Kita harus membuka diri mengenai apa karya dosen yang dapat dimanfaatkan. Ada pengabdian masyarakat dan penelitian, tapi (harus tahu) sejauh mana masyarakat merasakan keberadaan perguruan tinggi, yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat," kata Agustinus dalam kegiatan media gathering di Kampus Untar. 

Agustinus menyebut Untar hingga saat ini telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, masyarakat, dan media massa. 

"Potensi yang kami miliki bisa saja tidak dikeluarkan tanpa ada pertanyaan dari media. Pancingan pertanyaan dari media bisa menghasilkan sesuatu," ujar Agustinus. 

Ketua LLDIKTI Wilayah III Agus Setyo Budi mengatakan, humas sebagai jendela institusi, memegang peranan penting dalam bersinergi dan membangun reputasi. 

Baca juga : Tangkal Pelecehan Seksual di Kampus, Untar Terapkan Pakta Integritas  

Kendati demikian, dia juga menggarisbawahi bahwa pimpinan perguruan tinggi harus membuka akses seluas-luasnya terhadap humas, agar proses komunikasi dan koordinasi berjalan cepat. 

"Kalau humas yang ditaruh di posisi paling bawah, ya kita bisa tahu peran humas pasti segitu-segitu saja. Tapi kalau humas diberi akses, koordinasi bisa langsung ke rektor, ya pasti humasnya keren," tutur Agus. 

Sementara itu, Kepala Kantor Humas Universitas Tarumanagara, Paula Tjatoerwidya Anggarina menegaskan, kolaborasi perguruan tinggi dan media mutlak harus dilakukan. 

Universitas Tarumanagara, lanjut Paula, telah menjalin sinergi dengan berbagai media massa, baik cetak, elektronik, maupun radio untuk mempublikasikan program-program Untar. 

Kegiatan gathering media Universitas Tarumanagara juga menghadirkan tiga pembicara, yakni Syarif Oebaidillah (Media Indonesia), Citra Larasati (Medcom), dan Yohanes Enggar Harususilo (Kompas), untuk membagikan perspektif media terhadap peningkatan reputasi Untar. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT