10 December 2021, 09:39 WIB

Wartawan Media Indonesia Raih Juara Nasional Kreasi Pewarta Anak Bangsa (KPAB) 2021


Mediaindonesia.com | Humaniora

WARTAWAN Media Indonesia, Adiyanto menjadi juara pertama kategori nasional di ajang Kompetisi Jurnalistik Kreasi Pewarta Anak Bangsa (KPAB) 2021. KPAB 2021 yang merupakan hasil kolaborasi Gojek dan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) ini digelar dengan tema utama: “Layanan platform digital, andalan bangkit bersama hadapi pandemi”.

Karya berjudul Berbekal Kemauan, Mengatasi Keterbatasan yang ditulis Adiyanto berhasil menyisihkan ratusan karya jurnalistik lainnya yang ambil bagian dalam ajang ini. Untuk juara kedua diraih Ahmad Nabhani (Harian Ekonomi Neraca) dengan judul Nafas Panjang Geliat UMKM Berkat Inovasi Platform Digital, sementara juara ketiga adalah Rahayu Subekti (Republika) dengan judul Menyulut Kebangkitan UMKM Setelah Diterpa Pandemi. Di kategori ini, karya wartawan Media Indonesia lainnya, Gana Buana juga masuk pilihan dewan juri bersama 15 karya lainnya.

“Saya berterima kasih atas partisipasi para jurnalis yang telah ikut ambil bagian dalam kompetisi ini. Semoga tulisan mereka bisa menginspirasi kita semua untuk bangkit di masa pandemi ini,” ujar CEO Gojek, Kevin Aluwi, saat acara pengumuman pemenang KPAB 2021 yang digelar lewat zoom, Kamis (11/12).

Ketua AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan pihaknya menyambut baik ajang ini karena sejalan dengan semangat untuk mendorong lahirnya lebih banyak karya-karya jurnalistik yang berkualitas. “Kami berharap kompetisi ini dapat menggairahkan optimisme masyarakat agar tetap produktif selama pandemi tanpa mengabaikan protokol kesehatan,” ujarya.

Dia juga menekankan,dengan adanya kompetisi semacam ini bakal makin meningkatkan kualitas pemberitaan di media, khususnya online sehingga tidak hanya mengejar kecepatan tapi juga kedalaman. "Liputan-liputan semacam Ini akan mengembalikan kualitas pemberitaan di media," ujarnya.

Penjurian KPAB 2021 terhadap 291 karya yang ambil bagian di ajang ini dilakukan secara berimbang dengan memperhatikan empat aspek utama, yakni kesesuaian dengan tema, orisinalitas, kualitas dan kedalaman penulisan dan penyajian karya jurnalistik. Penilaian juga dilakukan oleh dewan juri yang kompeten dari internal Gojek dan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI).

Peserta di ajang ini adalah jurnalis yang bekerja di media di cakupan wilayah Nasional Jabodetabek, Sumatra; Medan, Palembang, Batam, Indonesia Timur; Makassar, Manado, Balikpapan Banjarmasin, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta; Bandung, Semarang, Jogja raya, Solo, serta Jawa Timur, Bali; Surabaya, Malang, dan Bali.

Pemenang 1-3 dari masing-masing wilayah berhak menerima hadiah piagam, uang tunai, dan langganan Goplay gratis selama setahun. (M-4)

BERITA TERKAIT