BPUPKI dibentuk pada 29 April 1945 sebagai bukti atas janji kemerdekaan dari perdana menteri Jepang Koiso. " itemprop="description" /> BPUPKI dibentuk pada 29 April 1945 sebagai bukti atas janji kemerdekaan dari perdana menteri Jepang Koiso. " /> BPUPKI dibentuk pada 29 April 1945 sebagai bukti atas janji kemerdekaan dari perdana menteri Jepang Koiso. "> BPUPKI dibentuk pada 29 April 1945 sebagai bukti atas janji kemerdekaan dari perdana menteri Jepang Koiso. " itemprop="description"/> BPUPKI dibentuk pada 29 April 1945 sebagai bukti atas janji kemerdekaan dari perdana menteri Jepang Koiso. " />

08 December 2021, 09:45 WIB

Yuk Mengenal Apa Itu BPUPKI


Muhammad Bintang Rizky | Humaniora

BADAN Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) adalah lembaga yang berperan penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. BPUPKI dibentuk pada 29 April 1945 sebagai bukti atas janji kemerdekaan dari perdana menteri Jepang Koiso.

Ketua BPUPKI adalah Radjiman Widyodiningrat. Sementara wakilnya ada dua. Wakil BPUPKI dari Indonesia adalah Raden Panji Suroso. Sementara, wakil ketua BPUPKI yang berasal dari Jepang adalah Ichibangasae.

Bentuknya BPUPKI

BPUPKI atau Dokuritsu Junbi Coosakai, merupakan organisasi bentukan pemerintah Jepang.

Baca juga:  Ridwan Kamil Pastikan Situs Bung Karno di Bandung Terawat

Namanya pertama kali disebutkan pada 1 Maret 1945 namun baru diresmikan pada 29 April 1945 yang juga merupakan hari kelahiran Kaisar Hirohito.

Pembentukan organisasi ini begitu sarat dengan muatan politis. Sebab, ditujukan untuk meraih dukungan dan simpati dari bangsa Indonesia. 

Tujuannya agar pemerintah Jepang bisa mendapatkan bala pasukan dari rakyat Indonesia, untuk membantu Jepang memenangi Perang Dunia II.

Organisasi tersebut memiliki jumlah anggota sebanyak 67 orang, dan diketuai oleh salah seorang tokoh nasional bernama Rajiman Widyodiningrat.

Apa tugas BPUPKI

Tugas utama dari BPUPKI adalah untuk mempelajari, menyelidiki, dan mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan aspek-aspek politik, ekonomi, tata pemerintahan, dan hal-hal penting yang diperlukan dalam usaha pembentukan negara Indonesia merdeka.

Tugas BPUPKI Berdasarkan Sidang

Berdasarkan pembahasan dalam sidang, berikut merupakan tugas-tugas BPUPKI secara lebih spesifik:

  • Membahas dan menyusun rancangan dasar negara Indonesia.
  • Setelah sidang pertama, BPUPKI menyimpan reses selama satu bulan
  • Membentuk panitia sembilan yang bertugas untuk menampung saran-saran dan konsep dasar negara dari para anggota.
  • membantu panitia sembilan bersama panita kecil.
  • Panita sembilan menghasilkan Piagam Jakarta atau Piagam Jakarta. (OL-1)
BERITA TERKAIT