03 December 2021, 20:42 WIB

LPP TVRI Raih Indeks Tertinggi Enam Kategori Program Acara


Widhoroso | Humaniora

LPP TVRI menorehkan prestasi dengan meraih indeks kualitas tertinggi lewat Riset Indeks Kualitas Program Siaran Televisi Periode II Tahun 2021 yang dilakukan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Riset dilakukan KPI bekerja sama dengan 12 perguruan tinggi di Indonesia dengan persentase informan ahli sebanyak 56% responden perempuan dan 46% responden laki-laki yang memiliki latar belakang pendidikan yang bervariasi mulai dari strata 1 sampai strata 3.

Dalam keterangan yang diterima, Jumat (3/12), TVRI meraih indeks tertinggi di enam kategori program acara yaitu kategori program berita, program talkshow, program anak, program wisata dan budaya serta program religi.

Untuk kategori program berita, LPP TVRI meraih indeks tertinggi sebesar 3,54  diikuti Kompas TV sebesar 3,43 dan Metro TV sebesar 3,30. Untuk program talkshow, LPP TVRI juga menempati peringkat tertinggi dengan indeks 3,59 mengungguli RTV dan Metro TV.

Program anak yang disiarkan TVRI dapat menyaingi MNC TV dan Trans 7 dengan indeks penilaian sebesar 3,78. Begitu juga dengan program religi dan program wisata budaya, TVRI yang telah berdiri selama 59 tahun ini meraih indeks penilaian tertinggi yakni sebesar 3,68 dan 3,81.

Pencapaian ini menunjukkan bahwa TVRI merupakan salah satu media yang dipercaya publik karena konten berita dan talkshow yang ditayangkan memberikan narasi yang obyektif, perspektif yang jernih, dengan topik yang tidak membuat kegaduhan namun berisi wawasan dan pencerahan bagi publik. Dengan kata lain, TVRI berfungsi sebagai media yang dapat meluruskan diantara gempuran berita dan talkshow yang ada di televisi-televisi lain.

Secara keseluruhan indeks kulitas program siaran televisi periode II tahun 2021 mengalami kenaikan menjadi 3,13 apabila dibandingkan dengan hasil riset periode I 2021 dengan indeks 3,09. Adapun indeks standar yang ditetapkan oleh KPI adalah 3 untuk semua kategori dan program variety show, entertainment dan sinetron meraih indeks terendah, di bawah indeks standar yang ditetapkan oleh KPI.

Indeks kualitas program siaran televisi lewat riset yang dilakukan oleh KPI ini disusun dan dievaluasi berdasarkan program siaran secara periodik. KPI berharap hasil penelitian ini bisa menjadi fungsi pemberdayaan agar program acara televisi bisa lebih baik dan lembaga penyiaran yang ada di Indonesia bisa memperbaiki mutu dan kualitas siaran televisi. (RO/OL-15)

 

BERITA TERKAIT