03 December 2021, 13:05 WIB

10 Sungai Terpanjang di Dunia Melewati Batas Negara


Farrel Ardan | Humaniora

SUNGAI adalah aliran air alami, biasanya air tawar, mengalir menuju samudra, laut, danau, atau sungai lainnya yang merupakan bagian dari siklus hidrologi. Air sungai umumnya terkumpul dari pengendapan melalui cekungan drainase dari limpasan permukaan dan sumber lain seperti pengisian ulang air tanah, mata air, dan pelepasan air yang tersimpan dalam es alami dan tumpukan salju (misalnya, dari gletser).

Tak jarang, sungai ini menjadi sumber kehidupan masyarakat yang menempati daerah aliran sungai (DAS). Ada banyak sungai di bumi yang dinobatkan sebagai sungai terpanjang di dunia. Bahkan melewati berbagai negara dan berperan penting bagi banyak industri. Menghimpun dari berbagai sumber, berikut 10 sungai terpanjang di dunia :

1. Sungai Nil
Sungai terpanjang di dunia berada di benua Afrika. Sungai ini memiliki panjang hingga 6.650 km dan melewati 9 negara, yakni Mesir, Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, dan Sudan.
Keberadaan sungai Nil memiliki peranan yang sangat besar pada kemajuan peradaban dan perekonomian Mesir sejak ribuan tahun lalu. Nama 'Nil' sendiri berarti 'lembah sungai' dalam bahasa Yunani.

2. Sungai Amazon
Di posisi kedua sungai terpanjang di dunia diduduki oleh Sungai Amazon dengan panjang 6.436 kilometer. Aliran sungai ini melewati pedalaman di hutan Peru serta melintasi Brazil hingga ke Samudera Atlantik. Sungai Amazon diberi nama oleh seorang tentara Spanyol yang bernama Francisco de Orellana pada tahun 1541.

Menurut beberapa penelitian sungai Amazon terletak di dataran tinggi dekat dengan pegunungan Andes dan bermula dari beberapa sungai yang berada di Peru. Sungai yang membentang mulai dari jantung hutan Amazon sampai ke kaki pegunungan Andes ini membuat lembah sungai Amazon menjadi sungai terbesar di dunia. Sungai ini juga melewati sejumlah wilayah seperti Ekuador, Kolombia, Venezuela, Brazil dan berakhir keluar melewati pantai di Atlantik.

3. Sungai Yangtze
Sungai terpanjang ketiga di dunia sekaligus sungai terpanjang di Asia diduduki oleh Sungai Yangtze dengan panjang 6.378 kilometer. Sungai ini memiliki peran besar dalam menghidupi masyarakat di Tiongkok dengan menyediakan sumber daya air serta transportasi, karena sungai Yangtze adalah sungai terpanjang yang hanya mengalir sepenuhnya di satu negara saja.

4. Sungai Mississippi
Sungai terpanjang di Amerika Serikat ini memiliki panjang 5.970 kilometer dan memiliki hulu di Danau Itasca dan berakhir di Teluk Meksiko.

Nama "Mississippi" berasal dari bahasa penduduk asli Amerika yang berarti "Bapak Air". Mata air Mississippi ialah di negara bagian Minnesota, dekat perbatasan dengan Kanada. Salah satu sungai terpanjang di dunia ini melewati 31 negara bagian di Amerika Serikat dan dua provinsi di Kanada.

Dengan derasnya aliran sungai ini, para warga yang bertempat tinggal di sekitar sungai ini diimbau berhati-hati ketika beraktivitas disekitarnya. Sungai ini juga menjadi habitat bagi sejumlah hewan liar, seperti Aligator amerika (Alligator mississippiensis), adalah salah satu spesies terbesar dari keluarga buaya. Namun, mereka berbeda dengan buaya, misalnya dalam hal penampilan, aligator memiliki moncong yang lebih membulat dibanding buaya.

5. Sungai Yenisei
ungai Yenisei yang terletak di Rusia memiliki panjang 3438 kilometer dan merupakan sungai terbesar yang mengalir ke Samudra Arktik. Meskipun berhulu di Mongolia, sebagian besar aliran sungai ini berada di Rusia. Cuaca yang sangat dingin di Rusia menjadi penyebab membekunya sebagian wilayah aliran sungai ini.

Luasan wilayah yang beku sampai 5 kilometer dan bisa dilalui oleh kendaraan selama musim dingin di daerah Krasnoyarsk, Rusia. Mencairnya sungai ini biasanya terjadi saat memasuki musim semi pada Bulai Mei.

6. Sungai Kuning
Sungai Kuning yang terletak di Tiongkok dengan panjang 5.464 kilometer adalah sungai yang terpanjang keenam di dunia. Sesuai dengan namanya, salah satu sungai terpanjang di dunia ini memang tampak kuning keruh karena banyak sekali mengandung sedimen. Sering disebut oleh masyarakat setempat sebagai sungai Huang He ini juga merupakan sungai terpanjang kedua di China.

Sayangnya, sungai ini sering meluap dan menyebabkan banjir sehingga pemerintah Tiongkok pasti akan memberikan anjuran untuk waspada tiap kali hujan lebat mengguyur area sungai.

7. Sungai Ob-Irtysh
Sungai Ob yang terletak di Russia dengan panjang 5.410 kilometer adalah sungai yang terpanjang ketujuh di dunia. Sistem sungai ini mengalir sepenuhnya di dalam wilayah negara Russia. Sungai ini beku sepanjang hampir setengah tahun karena faktor iklim di wilayah tersebut. Sebuah sungai besar di dataran Siberia barat, Ob' terbentuk di pertemuan Sungai Biya dan Katun, yang berasal dari Pegunungan Altai. Dari tiga sungai besar Siberia yang mengalir ke Samudra Arktik (dua lainnya adalah Sungai Yenisei dan Sungai Lena), Ob' adalah yang paling barat.

8. Sungai Parana
Pada urutan ke delapan, sungai terpanjang di dunia adalah Sungai Parana. Sungai Parana memiliki panjang sekitar 4.880 km. Sungai ini mengalir dari Amerika Selatan. Sungai Parana adalah sungai terbesar nomor dua di benua. Hal itu karena volume sungai ini sangat besar.

Saat ini, kondisi Sungai Parana mengalami penurunan. Penurunan yang dimaksud adalah berkurangnya jumlah air. Hal ini tentu memiliki akibat yang serius, mengingat bahwa Sungai Parana adalah salah satu sungai terpanjang di dunia. Pengaruh akibat airnya yang menurun berdampak pada pembangkit listrik, pelayaran pedagang, pariwisata, perikanan, irigasi setta penyediaan air minum.

Akibat dari turunnya air di Sungai Parana, permukaannya juga menjadi rendah. Ini juga membuat sungai tidak dapat digunakan. Pada bulan Mei 2021, Brasil membuka bendungan. Hal itu ditujukan supaya perahu dapat melintas. Namun, akibat banyaknya gundukan tanah, tidak berjalan dengan lancar.

9. Sungai Kongo
Sungai Kongo adalah sungai terpanjang ke sembilan di dunia, memiliki panjang sekitar 4.700 km. Sungai ini awalnya dikenal dengan nama Sungai Zaire. Sungai ini mengalir dalam melengkung. Alirannya melintasi benua Afrika.

Hal istimewa dari Sungai Kongo adalah sungai ini menjadi satu-satunya sungai di dunia yang melintasi jalur khatulistiwa, sebanyak dua kali. Beberapa bagian dari Sungai Kongi juga disebut sebagai yang terdalam. Ada beberapa bagian yang kedalamannya mencapai lebih dari 700 kaki.

Seorang kurator di  Departemen Ichthyology di American Museum of Natural History di New York City, menemukan sebuah fakta mengejutkan. Pasalnya, para ilmuwan sudah menemukan sungai yang paling dalam di dunia.

Sungai tersebut adalah Sungai Kongo. Hal itu berawal dari adanya temuan misteri ikan-ikan yang mati di dalam sungai Kongo. Sudah lebih dari satu dekade yang lalu, para ilmuwan menemukan ikan-ikan yang mati di sungai ini. Semua ikan tersebut dalam kondisi pucat dan buta. Rupanya penyebab dari kematian ikan tersebut adalah adanya sindrom dekompresi atau tikungan.

Kondisi ini membuat sebuah gelembung udara di dalam darah dan jaringan tubuh ikan. Selain itu, ditemukan lebih dari 300 spesies ikan yang ditemukan pada Sungai Kongo bagian terbawah.

10. Sungai Amur
Di urutan sepuluh, Sungai Amur menjadi sungai terpanjang di dunia. Panjangnya mencapai 4.444 km. Sungai ini dikenal dengan nama Heilong Jiang. Alirannya berada pada sepanjang perbatasan antara Cina Timur Laut dengan Rusia.

Ada beberapa orang yang meyakini, bahwa kata Amur adalah kata yang berasal dari istilah untuk “air”. Frasq Cinq Heilong Jiang diterjemahkan menjadi “Sungai Naga Hitam” dalam bahasa Inggris.

Sungai Amur memiliki sebuah makna khusus. Sungai ini adalah simbol dam paktor geopolitik penting. Menandakan hubungan antara bangsa Tiongkok dengan Rusia. Pada peroode perpecahan Sino-Soviet tahun 1960-an, sungai ini menjadi sangat penting. (OL-13)

BERITA TERKAIT