02 December 2021, 22:18 WIB

Peringatan Hari Disabilitas Internasional Jadi Momen Penghormatan Bagi Penyandang Disabilitas 


Mohammad Farhan Zhuhri | Humaniora

DIREKTUR Rehabilitasi Penyandang Disabilitas Kementerian Sosial, Eva Rahmi Kasim mengatakan peringatan disabilitas yang diselenggarakan setiap tahun dilaksanakan untuk mengingatkan masyarakat akan hak yang sama perlu diberikan bagi para penyandang disabilitas. 

Lebih lanjut sosialisasi dan pemahaman untuk masyarakat perlu ditingkatkan. 

"Dengan adanya pemahaman tentang disabilitas, maka masyarakat akan berpihak kepada para penyandang disabilitas. Sehingga akan semakin terwujud inklusifitas dari masyarakat dan tujuan akhirnya adalah kesamaan kesempatan ini akan meningkatkan situasi dan kondisi penyandang disabilitas yang lebih baik," ujar Eva usai acara dalam rangka Hari Disabilitas Internasional, Kamis (2/11). 

Dengan adanya rangakaian acara HDI ini, penting melibatkan anak muda penyandang disabilitas untuk bisa tampil percaya diri, menjadi pemimpin. 

“Bukan hanya pemimpin mengepalai organisasi, tapi gimana dia bisa beritahu kepada orang lain bahwa saya adalah penyandang disabilitas tapi saya sama seperti yang lain,” ujar Eva. 

Baca juga : Ajak Remaja Putri Indonesia Tetap Nyaman dan Gembira meski Pandemi

Lalu terkait Komisi Nasional Disabilitas yang baru disahkan kemarin Rabu (1/12), Eva menegaskan Kemensos tidak mempunyai wewenang apapun didalam organisasi tersebut. 

"Kami hanya menjadi sekretariat komisi nasional disabilitas, fungsinya hanya pada dukungan administrasi saja, di luar itu tidak," jelasnya 

Ia menilai, para jajaran Komisioner merupakan orang terpilih dan mempunyai kemampuan yang mumpuni dibidangnya. 

"Jangan khawatir bahwa kementerian sosial tidak akan menyetir dan tidak mempengaruhi, karena mereka itu komisi independen dan itu komisioner bukan orang orang sembarangan juga, kami hanya memfasilitasi dukungan administrasi," pungka Eva. (OL-7)

BERITA TERKAIT