02 December 2021, 19:55 WIB

Ancaman Siklon Tropis Teratai, Wagub DKI Imbau Warga Hindari Lokasi Rawan


Hilda Julaika | Humaniora

WAKIL Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meminta masyarakat Jakarta berhati-hati akan ancaman siklon tropis teratai di wilayah Jakarta. Dengan menghindari lokasi-lokasi yang rawan saat ada angin kencang ataupun hujan lebat.

"Antisipasinya sesuai dengan saran dari BMKG kita harus hindari tempat yang menjadi potensi terdampak siklon tersebut," kata Ariza, sapaan akrabnya, di Tribata Darmawangsa Jakarta, Kamis (2/12).

Baca juga: Lantai Dua Gedung Cyber 1 Terbakar, Satu Orang Meninggal Dunia

Sebelumnya, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita menyatakan pihaknya memprediksi tiga jam ke depan akan lahir siklon atau badai tropis teratai. Kata dia, hal tersebut berada perkembangan dari bibit siklon 92S yang telah tumbuh sejak Selasa, 30 November 2021.

"BMKG memprediksi bibit siklon 92S di sebelah Barat daya Lampung akan menjadi siklon tropis pada malam hari ini pukul 19.00 WIB, dan akan dinamai sebagai badai tropis Teratai," kata Dwikorita dalam konferensi pers, Rabu (1/12).

Adapun bencana hidrometeorologi yang harus diwaspadai yaitu hujan dengan intensitas sedang ke lebat yang dapat disertai angin kencang, kilat, dan potensi gelombang tinggi.

"Bibit siklon tropis 92S atau calon siklon tropis teratai ini memberikan dampak berupa potensi hujan lebat dan angin kencang, terutama di wilayah Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat," ucapnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT