30 November 2021, 22:55 WIB

Pabrik Danone-Aqua Raih Sertifikasi dan Penghargaan Industri Hijau 2021


Abdillah M Marzuqi | Humaniora

MENTERI  Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan Sertifikasi Industri Hijau dan Penghargaan Industri Hijau 2021 pada 18 pabrik Danone-Aqua. 12 dari pabrik tersebut meraih Penghargaan Industri Hijau 2021 level tertinggi yakni level 5. Penghargaan didasarkan pada hasil audit dan verifikasi tim Auditor Industri Hijau Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang dilakukan sejak Agustus 2021.

“Kementerian Perindustrian bertekad untuk terus mendorong seluruh sektor manufaktur di Indonesia untuk menerapkan industri hijau. Langkah strategis ini akan mendukung penciptaan industri ramah lingkungan dan berdaya saing di kancah global. Green economy, green technology dan green product harus diperkuat agar kita bisa semakin berdaya saing di kancah internasional. Saatnya, kita semua bersama-sama menjadi bagian transformasi menuju pembangunan industri berkelanjutan,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada acara penyerahan Sertifikasi Industri Hijau dan Penghargaan Industri Hijau 2021 di Jakarta (30/11).

Sejak 2010, Kemenperin menyelenggarakan Sertifikasi dan Penghargaan Industri Hijau, sebagai salah satu upaya mendorong perusahaan industri manufaktur melakukan efisiensi penggunaan sumber daya material, energi, dan air dalam kegiatan operasional sehari-hari.

Industri hijau menjadi tuntutan pasar seiring dengan semakin tingginya kepedulian pasar akan kelestarian lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan. Penerapan konsep industri hijau bertujuan untuk mendorong berbagai perusahaan untuk terus meningkatkan efisiensi dan efektivitas produksi melalui penghematan biaya dan sumber daya alam. “Seluruh pabrik Aqua di Indonesia telah memberikan upaya terbaiknya untuk menerapkan prinsip industri hijau dalam menjalankan kegiatan operasional sehari-hari, yaitu melalui efisiensi produksi dan peningkatan efektivitas serta penggunaan sumber daya alam secara bijak," kata Vice President General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh.

Vera menegaskan pihaknya akan terus berupaya untuk tetap mengalirkan kebaikan untuk bangsa Indonesia. Upaya tersebut diwujudkan melalui kehadiran produk berkualitas yang diolah melalui pemanfaatan sumber daya alam secara bijak, sekaligus terus menjalankan program pelestarian lingkungan secara berkelanjutan. (OL-8)

BERITA TERKAIT