26 November 2021, 22:46 WIB

Prodi Kewirausahaan Podomoro University Raih Apresiasi dari LLDIKTI Wilayah III 


Mediaindonesia.com | Humaniora

HARAPAN keberhasilan pendidikan tinggi adalah dapat membangun kapasitas, motivasi, dan kepercayaan diri mahasiswa. Di samping itu, untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan ekonomi yang mandiri, berbagai perguruan tinggi berlomba-lomba menciptakan lulusan yang berwirausaha dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan. 

Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah  meningkatkan jumlah wirausahawan atau entrepreneur terutama dari generasi muda Indonesia. Berdasarkan data 2020 peringkat wirausaha di Indonesia menempati urutan ke 75 dari 137 negara dengan rasio 3,47%.  

Untuk itu, Program Studi (Prodi) Kewirausahaan, Universitas Agung Podomoro (Podomoro University)  telah membangun budaya kewirausahaan yang melekat sejak mahasiswa masuk kuliah. Budaya tersebut diwujudkan dalam berbagai kegiatan kewirausahaan yang digelar kampus, bekerjasama dengan Kemendikbudristek, maupun institusi lain di dalam dan di luar negeri.  

Sejumlah prestasi pun telah diukir Program Studi Kewirausahaan atau yang dikenal dengan Entrepreneurship Program Podomoro University.  

Pada 2021, Entrepreneurship Program Podomoro University telah meraih berbagai prestasi nasional dalam kompetisi yang diselenggarakan Kemendikbudristek yang membawa Universitas Agung Podomoro menduduki peringkat pertama dalam perolehan prestasi nasional dan peringkat kedua dalam perolehan prestasi nasional mahasiswa terbanyak di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III tahun 2021.  

Ketua Program Studi Kewirausahaan Universitas Agung Podomoro Wisnu Sakti Dewobroto, mengatakan, prestasi Prodi Kewirausahaan sudah dimulai sejak awal 2017. Sejak 2021 telah mulai diukir oleh 10 kelompok yang berprestasi sebagai penerima dana Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI) yang 8 di antaranya adalah kelompok mahasiswa Program Studi Kewirausahaan.  

Baca juga : Ratusan Universitas Taiwan dan Indonesia Hadiri Forum Pendidikan Tinggi Taiwan-Indonesia 2021

Pengembangan bisnis mahasiswa telah menunjukkan perubahan ke arah yang lebih baik. Prestasi tersebut berlanjut pada ajang KMI Awards atau Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo.Melalui Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia 

(PKMI) Expo XII 2021 yang diinisasi dan diselenggarakan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Dikti Kemdikbudristek dalam Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia atau PKMI. KMI Expo diselenggarakan di kota Malang, di mana 4 kelompok penerima KBMI yang besar berasal dari Program Studi Kewirausahaan terpilih untuk mengikuti Kompetisi KMI Awards 2021 Kategori KBMI, dan 3 kelompok mahasiswa Program Studi Kewirausahaan juga mengikuti Kompetisi KMI Awards 2021 untuk Kategori Umum, serta dosen Pendamping Wirausaha Mahasiswa Indonesia untuk PWMI Awards 2021.  

Program studi Kewirausahaan Universitas Agung Podomoro dapat meraih prestasi pada ajang tersebut, dan membawa pulang predikat Juara 2 Kategori KBMI Sub Kategori Makanan dan Minuman Kelas 1 untuk Hangguk Korean Fried Chicken, dan Juara 2 Kategori Umum Sub Kategori Produksi dan Budidaya untuk Alam Essential Oils, serta Dosen Pendamping Wirausaha Mahasiswa Indonesia Terbaik yaitu Edvi Gracia Ardani yang merupakan dosen pada Program Studi Kewirausahaan Podomoro University.  

"Kemenangan tersebut merupakan buah manis yang diterima  para pemenang, setelah melewati berbagai tantangan yang dihadapi oleh mahasiswi maupun para dosen pembimbing dan tentunya dosen pendamping, " kata Wisnu Sakti Dewobroto pada keterangan resmi yang diterima hari ini. 

Edvi Gracia Ardani mengungkapkan perjalanan pendampingan lebih mendorong mahasiswa untuk dapat mandiri menentukan strategi bisnis masing-masing yang tentunya juga merupakan bagian dari proses pembelajaran kewirausahaan bagi mahasiswa Program Studi Kewirausahaan. 

Edvi menambahkan pekan lalu pengumuman dari LLDIKTI Wilayah III DKI Jakarta menempatkan kampus Podomoro University yang ditopang banyak kontribusi Prodi Kewirausahaan sebagai kampus peringkat pertama bidang kewirausahaan, disusul kampus Mercu Buana dan kampus Prasetya Mulya. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT