26 November 2021, 17:39 WIB

DPR Akan Gelar Raker dengan Menag Bahas Kepastian dan Kesiapan Umrah


Mohamad Farhan Zhuhri | Humaniora

KOMISI VIII DPR RI akan menggelar rapat kerja dengan Kementerian Agama Republik Indonesia terkait pelaksanaan umrah pada tahun 2021.

"Rencananya kami akan mengundang rapat kerja dengan Menteri Agama RI pada hari Senin, 29 November 2021 ini," ujar Anggota Komisi VIII Fraksi Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily saat dihubungi Media Indonesia, Jumat (26/11).

Sebelumnya, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi sudah mencabut larangan travel bagi Indonesia untuk datang ke arab Saudi. Menteri Agama, Gus Yaqut Cholil Qoumas, beserta dengan Ketua Komisi VIII DPR RI melakukan pertemuan dengan Menteri Urusan Agama dan Menteri Haji Arab Saudi beberapa hari yang lalu.

Baca juga: Waspada Ancaman Gelombang 3 Covid-19, Tingkatkan Imunitas dengan Imunomodulator Alami Indonesia

Larangan terbang atau suspend diberlakukan oleh Arab Saudi terhadap Indonesia dan sejumlah negara lainnya sejak Februari 2021. Ketentuan ini sempat diperbarui pada akhir Agustus 2021. Penerbangan dari Indonesia diperbolehkan langsung ke Saudi, tetapi hanya dikhususkan bagi orang-orang yang memiliki izin tinggal di Arab Saudi, baik mukimin atau ekspatriat.

"Secara khusus, Komisi VIII akan mengundang Menteri Agama untuk membahas perkembangan penyelenggaraan umroh yang sudah seharusnya segera ditindaklanjuti secara teknis dalam penyelenggaraannnya. Kami juga ingin memastikan tentang protokol kesehatan yang dipenuhi dalam penyelenggaraan umroh ini," ujar Ace.

"Kami juga akan membahas kemungkinan persiapan penyelenggaraan Haji tahun 2022 yang harus segera dibahas dengan melihat kondisi obyektif saat ini," sambung Politisi Partai Golongan Karya tersebut. (OL-4)

BERITA TERKAIT