26 November 2021, 06:30 WIB

Dedi Mulyadi Raih Penghargaan Satyalencana Kebudayaan


Reza Sunarya | Humaniora

ATAS dedikasinya yang konsinten dalam menata pembangunan berbasis kearifan lokal, Wakil Ketua Komisi IV Dedi Mulyadi, yang juga mantan Bupati Purwakarta 2 periode, meraih penghargaan Satyalancana Kebudayaan.

Peringatan Hari Guru Nasional 2021, yang digelar di halaman kantor Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Kamis (25/11), menjadi saat yang istimewa bagi Dedi.

Mantan Bupati yang dikenal selalu menggunakan pakaian dan iket khas Sunda itu merupakan satu-satunya kepala daerah yang tahun ini dianugerahi penghargaan atas kepeduliannya terhadap kebudayaan, khususnya budaya Sunda.

Baca juga: Gubernur Babel Erzaldi Rosman: Penghargaan Ini untuk Kita Semua

Berbagai upaya pelestarian, pertunjukkan, hingga even tingkat internasional digelar Dedi di Purwakarta untuk memopulerkan kembali budaya Sunda di tengah-tengah masyarakat.

Dedi mendapatkan penghargaan Satyalancana Kebudayaan berdasarkan keputusan Presiden Republik Indonesia no 79 PK tahun 2021 tentang penganugerahan Satyalancana Kebudayaan.

"Ya alhamdulillah, saya dianugrahi Satyalencana Kebudayaan. Terima kasih atas doanya," Kata Dedi Mulyadi epada Media Indonesia,Kamis (25/11)

Dedi menjadi salah satu orang yang berhasil menata pembangunan berbasis kearifan lokal. Adapun, hasil penataan yang telah Dedi kerjakan, antara lain, Taman Air Mancur Sri Baduga Maharaja, Bale Panyawangan Diorama Nusantara, Bale Indung Rahayu, Tajug Geude Cilodong, Situ Kahuripan Wanayasa, Lembur Pakuan, dan Sekolah Kahuripan Pajajaran. (OL-1)

BERITA TERKAIT