25 November 2021, 22:57 WIB

Belajar Bahasa Inggris yang Efektif Perlu Disesuaikan dengan Usia Anak 


Mediaindonesia.com | Humaniora

METODE pembelajaran bahasa Inggris perlu disesuaikan dengan usia anak. Untuk berusia 0 sampai 6 tahun mesti mengenalkan kosakata.  

Kosakata adalah sebuah fondasi dasar bagi anak-anak dalam perjalanan mereka untuk belajar bahasa Inggris. Misalnya dengan mengajak anak-anak mengenal bahasa Inggris lewat aplikasi seperti Monkey Junior.  

Sedangkan untuk anak usia 4 hingga 10 tahun perlu mengembangkan kosakata bahasa Inggris dengan metode mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Cara itu dengan mudah dapat dilakukan lewat bantuan aplikasi Monkey Stories.  

Untuk anak usia 10 sampai15 tahun harus belajar grammar, berlatih berbicara dengan guru, memberikan presentasi, menulis esai pendek dan membaca buku. Pembinaan tingkat lanjut anak berusia 15 tahun ke atas dengan mempelajari lebih banyak pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengikuti ujian sertifikat bahasa Inggris seperti IELTS, TOEIC, atau belajar bahasa Inggris khusus tergantung pada tujuan dan jurusan studinya. 

Baca juga : Guru Jadi Garda Terdepan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Saat PTM Terbatas

Heni, (28) asal Yogyakarta, seorang karyawan swasta menginginkan anak-anaknya dapat mengembangkan potensi dengan menguasai bahasa Inggris. Ia pun mengajak anak-anaknya belajar bahsa Inggris lewat aplikasi Monkey Junior dan Monkey Stories.  

“Memahami pentingnya bahasa Inggris, saya mengenalkan anak belajar bahasa Inggris sejak dini. Saya perkenalkan melalui Monkey Junior sejak usia dua tahun," ujarnya.  

Pernyataan lain juga dikemukakan oleh pengguna yang sudah merasakan manfaat dari aplikasi tersebut oleh Veronika, (33). Ia tidak ingin masa keemasan anak-anaknya hilang tanpa talenta.  

“Anak saya berusia 5 tahun, dan saya sudah membiasakan dia belajar dengan Monkey Junior  dan Monkey Stories sekaligus untuk melengkapi kosakata dan mengembangkan 4 keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis," pungkasnya. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT