25 November 2021, 18:26 WIB

Nadiem Janji Bakal Prioritaskan Guru di Tahun Depan 


Faustinus Nua | Humaniora

MENTERI Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi MendikbudRistek Nadiem Makarim mengungkapkan, kementeriannya akan memperioritaskan guru dalam program-programnya pada 2022 nanti. Hal itu merupakan kado bagi para guru yang telah berkontribusi dan tanpa kenal lelah membimbing generasi bangsa. 

"Akan ada surprise. Tahun depan kita akan meluncurkan berbagai macam program untuk guru. Kita akan mendorong terus PPPK agar memastikan semua honorer ikut tes. Itu sudah pasti prioritas kita," janji Nadiem dalam acara puncak Hari Guru Nasional (HGN) 2021, Kamis (25/11). 

Dijelaskannya, prioritas pertama bagi guru adalah program PPPK untuk membantu kesejahteraan para guru honorer. Program itu masih akan terus berlanjut dengan berbagai afirmasi yang diberikan kementerian. 

Selain itu, dia memastikan bahwa semua formasi harus terisi. Sehingga target satu juta guru lulus PPPK bisa tercapai. 

"Sudah ada afirmasi dan saya minta bantuan Bapak/Ibu guru untuk mempersiapkan sebaik mungkin," tuturnya dihadapan para guru. 

Baca juga : Kebijakan PTM Harus Didukung untuk Siapkan Generasi Muda

Priortas lainnya adalah peningkatan kualitas para guru, khususnya terkait penguasaan teknologi digital dalam mendukung proses pembelajaran. Meski akan memulai pembelajaran tatap muka, para guru tetap harus diberi bekal sehingga pembelajaran bisa lebih kreatif dan penuh inovasi. 

Di samping itu, Nadiem juga menjanjikan penyederhaan kurikulum yang lebih adaptif dan fleksibel sebagai bagian dari gerakan Merdeka Belajar. Menurutnya, kebijakan tidak bisa dpatok seragam seluruh Indonesia, sebab setiap daerah atau sekolah memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. 

"Dan kita akan menawarkan kurikulum yang jauh lebih merdeka, bisa dimengerti guru, fleksibel, memberi kesempatan guru berkreasi dan berinovasi. Kurikulum yang memberikan kemerdekan kembali kepada guru," jelasnya. 

Nadiem menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya terhadap para guru. Ketangguhan para guru selama masa pandemi membuktikan dedikasi dan pengabdian mereka yang luar biasa bagi generasi penerus. 

"Saya bingung tapi senang dari semua perjalanan saya ke seluruh Indonesia tidak pernah ada satu kata putus asa itu keluar dari guru-guru. Ini hal luar biasa yang menginspirasi saya," tandasnya.(OL-7)

BERITA TERKAIT