24 November 2021, 19:50 WIB

Program Pertukaran Pelajar, Tangsel Kirim Siswa Stella Maris ke Inggris


Faustinus Nua | Humaniora

SEKOLAH Stella Maris BSD, City College Plymouth, PDVL Indonesia dan Kantor Dinas Kota Tangerang dan Tangerang Selatan menandatangi MoU Student Exchange atau pertukaran pelajar pada Rabu (24/11).

Program yang sempat tertunda akibat pandemi covid-19 akhirnya dibuka dengan mengirim salah satu siswa kelas XI dari SMA Stella Maris BSD, Marcellinus Ganesia Luviandanu.

Petugas perekrutan Internasional di City College Plymouth, Danielle Clephane mengatakan situasi pandemi di Inggris mulai membaik. Setiap hari terjadi penurunan tingkat infeksi. Lebih dari 31 juta orang telah menerima vaksinasi, atau lebih dari 50% orang dewasa di Inggris.

"Dengan begitu program The Premiere Student Exchange Program-International Foundation Course 2022/Batch 6 dapat kembali digelar, kali ini mengirimkan siswa dari SMA Stella Maris BSD. Program ini memang dikhususkan untuk siswa kelas XI semester 2," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (24/11).

Pertukaran pelajar dari Tangsel ke City College Plymouth Inggris merupakan yang pertama kalinya. Pada kesempatan ini City College Plymouth diwakili oleh PDVL Indonesia. Terpilihnya siswa dari SMA Stella Maris BSD itu pun telah melalui berbagai proses seleksi.

Marcellinus Ganesia akan mengikuti pendidikan di City College Plymouth Inggris selama enam bulan mulai Januari hingga Juni 2022. "Terima kasih atas kesempatannya, saya bisa menempuh pembelajaran di luar negeri," kata dia.

Kepala Kantor Cabang Dinas Kota Tangerang dan Tangerang Selatan Suryadi menyampaikan dukungan pemda akan pelaksanaan program tersebut. Dia berharap pertukaran pelajar kali ini menjadi motivasi bagi sekolah-sekolah lain untuk mengikutinya

"Kami dari pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan ini. Dan kami pun menyarankan kepada sekolah-sekolah lain di Tangerang Selatan untuk mengikuti jejak Stella Maris BSD yang dapat mengirimkan siswanya keluar negeri untuk belajar dan memahami sistem pendidikan di luar negeri khususnya Inggris," ucapnya.

Hal itu pun diamini oleh Pierre Senjaya, CFO Stella Maris International Education selaku perwakilan Yayasan Stella Maris. Program tersebut menurutnya memberikan nilai lebih kepada Stella Maris BSD sebagai sekolah yang mengutamakan pendidikan entrepreneur kepada siswa-siswinya.

Dengan memberikan kesempatan kepada para murid untuk mengembangkan diri, para murid bisa mempersiapkan pribadi, kemampuan akademis dan non-akademis menghadapi tantangan masa depan. Salah satunya dengan adanya The Premiere Student Exchange–Program Internasional Foundation Course 2022 Intake itu.

"Terima kasih kepada pemerintah daerah Tangerang Selatan yang sangat mendukung segala langkah yang dilakukan terkait program pertukaran pelajar berskala internasional. Semoga ini dapat berdampak nyata dan signifikan untuk pengembangan pendidikan dan kebudayaan di Tangerang Selatan,” tutupnya. (X-12)

BERITA TERKAIT