24 November 2021, 18:30 WIB

Generasi Milenial Depok Minati Jurnalistik


Media Indonesia | Humaniora

GENERASI milenial yang tergabung dalam karang taruna Kelurahan Baktijaya, Depok, Jawa Barat menggelar bimbingan teknis jurnalistik.

"Kami memang memiliki program kegiatan terkait dengan jurnalistik ini. Alhamdulillah program ini mendapat dukungan dari pihak kelurahan," ujar Ketua Karang Taruna Kelurahan Baktijaya Negus Gibran di sela-sela acara di Depok, Jawa Barat, Rabu (24/11).

Gibran mengajak 19 rekannya untuk belajar cara menggali informasi dan fakta untuk kemudian dituliskan menjadi berita. Itu sebabnya ia mengundang praktisi dan akademisi dari Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta, Norman Meoko sebagai pemateri jurnalistik cetak dan online.  

"Saya juga akan mengusulkan kegiatan ini hingga ke tingkat kota. Sebab menurut saya kegiatan ini penting dengan harapan agar kawan-kawan bisa berkarir sebagai jurnalis kelak," tuturnya lagi.

Dalam kegiatan itu para peserta diberikan pembekalan berupa teori penulisan berita dan etika penulisan. Kemudian mereka berlatih melakukan penulisan. Selanjutnya hasil karya mereka ditampilkan di depan para peserta untuk dikoreksi. 

Norman dalam penjelasannya menyebutkan jurnalistik itu selalu terkait dengan fakta. Jadi, tidak boleh bagi seorang yang mengaku wartawan tapi abai terhadap fakta yang didapat. "Wartawan harus pandai menggali latar belakang persoalan yang akan diangkat menjadi berita. Semua itu harus bersumber dari fakta yang ada," tandasnya.

Sementara Gibran mengaku tak menyangka kawan-kawannya ternyata lumayan mahir mengolah informasi menjadi berita. Hal itulah yang mendorong dia untuk membuat program lanjutan tahun depan seperti mengolah gambar melalui telepon pintar. 

"Setelah mendapat materi penulisan seperti ini saya berharap bisa menggelar program fotografi jurnalistik untuk tahun depan. Karena targetnya adalah membuat media komunitas untuk wilayah Depok. Kalau bisa lebih luas dari wilayah Depok tentu saja saya sangat bersyukur," ungkapnya. Acara bimbingan teknis yang berlangsung 23-24 November 2021 ini dibuka secara resmi Kepala Dinas Sosial Kota Depok Asloe'ah Madjri. Sedangkan Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos Kota Depok Eneng Sugiarti memberikan materi tentang  Peran Serta Dinas Sosial Kota Depok terhadap Pemberdayaan Masyarakat, Karang Taruna, dan Sektor Swasta di Lingkungan Baktijaya. (RO/O-2)

BERITA TERKAIT