24 November 2021, 13:01 WIB

Tahun Depan Semua Kebun Raya Bakal Gunakan Kendaraan Listrik


Faustinus Nua | Humaniora

KEPALA Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko mengatakan bahwa pihaknya akan menggukan kendaraan listrik mulai akhir tahun 2022. Semua kawasan riset milik BRIN termasuk 45 kebun raya tidak diperbolehkan ada kendaraan berbasis international combustion engine (ICE)

"Kita beharap kawasan ini mungkin akhir tahund depan kita coba tidak boleh ada kendaraan berbasis ICE lalu lalang. Tidak hanya kawasan ini tapi juga di Cibinong dan seluruh kebun raya yang ada 45 kebun raya seluruh indo di bawah manajemen BRIN," uajrnya dalam Pameran Kendaraan Listrik, Rabu (24/11).

Menurut Handoko hal itu bisa membantu pasar mobil listrik untuk lebih bergairah. Sebab, selama ini memang sulit untuk mengimplementasikan penggunaan kendaraan listrik karena berbagai alasan termasuk harganya yang masih tinggi.

Baca juga:Obesitas Berisiko Alami Mendengkur dan Gagal Jantung

Penggunaan kendaraan listrik di semua fasilitas riset BRIN termasuk kebun raya juga menjadi bagian dari promosi kepada masyarakat. Sehingga makin banyak orang yang familiar dengan kendaraan ramah lingkungan tersebut.

"Kita akan buat seperti itu sehingga itu akan memunculkan captive market tersendiri untuk berbagai kendaraan listrik yang mungkin ukurannya tidak terlalu besar dan relatif tidak terlalu advance sehingga orang akan lebih familiar," jelas Handoko.

Dia berharap hadirnya mobil listrik bisa mendukung berbagai program pemerintah terutama untuk menekan tingginya kendaraan berbahan bakar fosil. Ada banyak agenda yang tengah dan akan dilakukan pemerintah untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil termasuk hadirnya kendaraan listrik.(H-3)

BERITA TERKAIT