24 November 2021, 09:17 WIB

Guru Besar UGM Ingatkan Semua Pihak Adaptif Terhadap Digitalisasi


mediaindonesia.com | Humaniora

FOUNDER Institute of Social Economic Digital (ISED) Sri Adiningsih mengatakan, perkembangan digitalisasi dalam satu dekade akan meningkat hingga lima kali bahkan masuk ke segala lini kehidupan. Kondisi tersebut kini melanda Indonesia mulai dari gaya hidup hingga ekonomi.

"Menyikapi hal ini, seluruh orang harus cakap terhadap perkembangan digital," ujar Sri dalam keterangan yang diterima Media Indonesia, Rabu (24/11/2021).

Baca juga: Influencer Septian Bramandita Berbagi Informasi Sukses Berbisnis di Media Sosial

Hal serupa ia sampaikan ketika menjadi pembicara dalam webinar Ngobrol Digital dengan tema Cakap Digital Hindari Disinformasi. Acara yang dihadiri sejumlah menteri itu digelar dalam rangka ulang tahun ke-2 ISED, Selasa (23/11/2021) kemarin.

Sri Adiningsih yang juga Guru Besar UGM menjelaskan, setiap orang memang dituntut adaptif terhadap digitalisasi. Betapa tidak? Ekonomi internet diperkirakan tumbuh 49% dari 2020 ke 2021 dan gaya hidup online diperkirakan masih berlanjut di masa mendatang.

"Tantangan dari itu semua adalah terkait keamanan data dan keamanan bertransaksi ekonomi," imbuhnya.   

Menkominfo Johnny G Plate tidak memungkiri bahwa dalam perkembanganya sektor digital memiliki banyak tantangan. Menurut dia, pemerintah harus hadir menyiapkan pembangunan perkembangan digital.

“Karena ada keluhan itulah maka Kominfo hadir untuk memastikan penyebaran digital merata di Tanah Air dan tidak hanya di kawasan komersial,” ungkap Johnny.

Ia menambahkan, pandemi covid-19 yang terjadi saat ini memberi banyak pelajaran. Pandemi memberikan ruang akselerasi transformasi digital dan mendorong migrasi aktivitas fisik ke digital. "Penguasaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) adalah hal mutlak dilakukan," cetusnya. 

Mantan Menkominfo Rudiantara mengutarakan, teknologi dan manusia di masa depan akan saling melengkapi. Ini sejalan dengan konsep society 5.0 yaitu manusia sebagai pusat (a human-centered society).

“Pengembangan SDM penting untuk ditingkatkan baik dari sisi kompetensi, kecakapan dan potensinya karena SDM akan menjadi bagian utama dalam pertumbuhan bangsa di masa depan,” kata Rudiantara yang juga Founder ISED. (RO/A-3)

BERITA TERKAIT