24 November 2021, 06:15 WIB

Ini Makna Populasi Beserta Ciri-cirinya


Kevino Dwi Velrahga | Humaniora

DALAM Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), populasi memiliki arti seluruh jumlah orang atau penduduk di suatu daerah. Melalui penjelasan tersebut dapat diartikan populasi adalah sebutan untuk orang-orang atau penduduk yang berada dalam suatu wilayah tertentu.

Selain penjelasan tersebut, dalam KBBI juga dijelaskan populasi adalah jumlah penghuni, baik manusia maupun makhluk hidup lainnya pada suatu satuan ruang tertentu. 

Populasi juga dapat diartikan sebagai sekelompok individu dengan karakteristik serupa (spesies) yang hidup di tempat yang sama dan memiliki kemampuan untuk mereproduksi antara mereka sendiri. 

Baca juga: Ayo Mengenal Metode Penelitian

Berdasarkan pengertian tersebut, dapat disimpulkan populasi sendiri dibatasi suatu wilayah geografis tertentu, mulai dari wilayah yang sangat luas, misalnya dunia, benua, negara, hingga desa atau kampung. 

Makna populasi tidak hanya digunakan secara umum namun juga digunakan dalam cabang ilmu seperti biologi maupun statistika.

Ciri-ciri Populasi

Setelah menelaah dan mengetahui pengertian populasi secara umum dan menurut para ahli, berikut ini ulasan mengenai ciri-ciri populasi yang dibagi menjadi dua lingkup yakni lingkup biologi dan lingkup statistik.

1. Lingkup biologis

Pada lingkup biologis ini terdapat organisasi dan struktur organisasi yang bersifat konstan. Ini juga memiliki sejarah kehidupan mulai dari lahir, tumbuh, berdiferensasi menjadi tua hingga mati.

Populasi lingkup ini memiliki sifat hereditas di mana generasi penerus memiliki sifat generasi pendahulunya. Selain itu, individu dalam populasi ini dapat terpengaruh oleh dampak lingkungan dan dapat merespon perubahan lingkungan sekitarnya.

2. Lingkup statistik

Pada lingkup ini kepadatan besarnya suatu populasi dipengaruhi oleh kelahiran dan kematian. Sebaran populasi ini dipengaruhi oleh obyek tertentu, seperti kondisi iklim, cuaca atau struktur obyek. 

Faktor Peningkatan Populasi

Ada beberapa faktor peningkatan populasi. Berikut faktor-faktornya: 

1. Kelahiran

Kelahiran menjadi salah satu faktor yang menyebabkan peningkatan populasi.

2. Imigrasi

Imigrasi adalah perpindahan individu dari suatu negara menuju negara lain. Fenomena ini tentunya akan berdampak pada peningkatan populasi di suatu wilayah.

3. Penyempitan wilayah

Adanya penyempitan ini membuat meningkatkan populasi di suatu wilayah. Harusnya bisa ditempati dengan nyaman, tapi adanya penyempitan wilayah menyebabkan kepadatan penduduk. 

Peningkatan populasi dapat juga dipengaruhi oleh kebiasaan sosial yang mengatur reproduksi dan perkembangan teknologi. 

Untuk perkembangan teknologi meningkatnya populasi disebabkan oleh perkembangan bidang kedokteran dan kesehatan masyarakat di mana bisa mengurangi angka kematian dan memperpanjang masa hidup.

Faktor Menurunnya Populasi

Selain meningkat, populasi juga bisa menurun. Ada beberapa hal yang menyebabkannya. Berikut penjelasannya: 

1. Kematian 

Kematian seseorang menjadi salah satu dampak menurunnya populasi. Ini akan mengurangi jumlah penduduk di satu wilayah. 

2. Emigrasi 

Emigrasi adalah perpindahan pendudukan dari tempat asal menuju tempat lain. Adanya ini jelas akan mengurangi jumlah populasi. 

3. Perluasan wilayah

Penurunan populasi juga bisa dipengaruhi adanya perluasan wilayah. Ini membuat pengurangan kepadatan di satu wilayah. (OL-1)

BERITA TERKAIT