23 November 2021, 19:01 WIB

Cegah Terjangkit Penyakit Menular, Imunisasi Pada Anak di Masa Pandemi Perlu Ditingkatkan 


M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora

KONSULTAN Alergi Imunologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Zakiudin Munasir mengatakan, imunisasi pada anak sejatinya bisa dilakukan secara maksimal di tengah pandemi dengan protokol kesehatan yang harus ditaati oleh masyarakat 

"Tentu tidak apa-apa asal tetap mematuhi protokol kesehatan," ucap Zakiudin kepada Media Indonesia, Selasa (23/11). 

Optimalisasi imunisasi pada anak sangat dibutuhkan agar seluruh anak dapat divaksin. Penurunan cakupan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) selama pandemi terjadi terutama pada tahun ini. Hal itu berpotensi bisa berdampak pada penurunan kesehatan secara nasional. 

IDAI sendiri berkomitmen untuk terus mendukung cakupan IDL. Namun hal ini harus didukung juga oleh pemerintah untuk memastikan ketersediaan vaksin dan distribusinya serta membuka kesempatan seluas-luasnya kepada penyedia vaksin PCV, HPV dan Rotavirus untuk menjamin kontinuitas ketersediaan vaksin. 

Baca juga : Sinovac dan Sinophram Diizinkan, Kepastian Umrah Menunggu Teknis

"Tentunya IDAI menginginkan cakupan penuh dengan meningkatkan kegiatan edukasinya dengan mengadakan acara-acara pelatihan ke anggota IDAI," kata Zakiudin. 

Imunisasi lengkap memiliki dampak positif bagi anak. Salah satunya bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak tertular penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Efek dominonya jika anak memiliki daya tahan tubuh lemah maka bisa lebih mudah tertular covid-19. 

"Menurunnya imunisasi juga akan berpengaruh pada kondisi anak sehingga lebih mudah terpapar covid-19. Kalau terkena penyakit-penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi tentunya akan mudah kena covid-19," pungkasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT