23 November 2021, 11:07 WIB

Mengabadikan Indonesia dengan Dramatis ala Bunyamin Muhamad Wari


Mediaindonesia.com | Humaniora

Alam Indonesia itu indah, tak heran kalau banyak fotografer, baik luar dan dalam negeri yang keranjingan menangkap alam Indonesia, melalui lensa kamera. Namun jarang sekali kita melihat karya fotografi alam Indonesia dengan nuansa dramatis. Salah satu cara untuk menggambarkan nuansa dramatis pada foto adalah dengan gaya landscape photography.

Landscape photography atau fotografi lanskap adalah sebuah gaya fotografi yang mengedepankan alam sebagai objeknya. Namun bukan hanya menampilkan alam secara apa adanya, landscape photography, juga menampilkan detail dengan warna atau tone yang dramatis dan kuat.

Bicara soal landscape photography, nama Bunyamin Muhamad Wari jadi salah satu nama yang pertama muncul. Pria yang populer dengan nama Beny ini, sukses menyajikan alam Indonesia dengan nuansa dramatis lewat karya fotonya.

Ia kerap mengunggah karya fotonya di akun Instagram dengan 47 ribu pengikut miliknya @benysukasuka18. Sekilas, rasanya kita tidak sedang melihat alam Indonesia. Beny sukses menyajikan alam Indonesia lewat karya foto dengan pendekatan landscape photography.

Lihat saja foto pantai Karang Bolong di Kebumen, yang diabadikan oleh Beny. Dominasi warna biru dengan nuansa gelap, membuat kita sulit percaya kalau itu ada di Indonesia.

“Saya ingin landscape photo Saya memiliki nilai seni yang unik, dengan style Saya sendiri. Itulah mengapa, hampir semua foto Saya cenderung ke moody style, demikian pula pada tone-nya,” kata Beny menjelaskan soal karya fotonya.

Beny melanjutkan,“Menurut Saya photo landscape itu bukan hanya sekadar foto, tapi juga harus bisa menceritakan feeling yang Saya rasakan saat itu. Saya suka foto-foto dramatis, kalau warna dan pencahayaannya biasa saja, Saya anggap kita sudah melihat sehari-hari,”

Foto dramatis itu juga bisa kita temukan di foto hamparan sawah di Pulau Bawean, Jawa Timur. Jika pada umumnya foto sawah akan menampilkan nuansa terang dan hijau yang kuat, tidak pada apa yang ditangkap oleh Beny. Ia membuat foto sawah di Pulau Bawean itu dengan memberi sentuhan vignette, yang membuat sawah tersebut seolah berada di dunia fantasi.

Kesuksesan Beny, dalam menampilkan alam Indonesia dengan nuansa dramatis lewat landscape photography itu diperkuat dengan raihan juara ketiga ajang kelas dunia, International Photo Awards (IPA) untuk kategori Nature and Landscape.

Karya foto Beny juga bisa disaksikan di situs miliknya benyaminwari.com. Di situ kita juga bisa membeli art print, hasil karya foto Beny yang bergaya landscape photography. Karena memang tidak bisa dipungkiri, foto alam Indonesia dengan nuansa dramatis, cocok dijadikan hiasan di rumah.

“Saat mereka order maka mereka akan mendapatkan art print dari karya saya dan dijamin asli dengan mendapatkan semacam sertifikat/piagam khusus dari Saya. Biasanya untuk hiasan rumah, kantor dan koleksi, karena ada beberapa karya yang saya jual limited hanya 100 prints saja,” pungkas Benny. (OL-12)

 

BERITA TERKAIT