22 November 2021, 23:20 WIB

Ada Kabupaten/Kota Alami Kenaikan Kasus Covid-19, Menkes : Disipin Tracing dan Testing Menurun


Ferdian Ananda Majni | Humaniora

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan mengatakan kondisi perkembangan pandemi Covid-19 di seluruh kabupaten/kota di Indonesia semuanya masih baik sehingga tidak perlu khawatir. Namun dalam monitor terdapat 2 kabupaten/kota yang berpotensi kenaikan kasus selama 4 Minggu berturut-turut. 

"Walaupun jumlah (kasus) masih kecil, positivity rate masih rendah, BOR rumah sakit masih rendah, tetapi kita mengikuti daerah-daerah ini agar jangan sampai terlambat kalau nanti ada kenaikan," kata Budi dalam konferensi pers Perkembangan PPKM secara daring Senin (22/11). 

Begitu juga wilayah Lampung Utara terjadi kenaikan kasus selama 3 minggu berturut-turut dan sebanyak 16 kabupaten kota terjadi kenaikan kasus 

"Ada 19 kabupaten/kota yang kita monitor secara ketat, surveilans secara ketat karena ada kenaikan kasus walaupun masih kecil dari 2 Minggu berturut-turut," jelasnya. 

Baca juga : Pemerintah Terus Awasi Perkembangan Kasus Covid-19 di Setiap Daerah

Pihaknya juga melakukan evaluasi terhadap kabupaten/kota yang mengalami kenaikan kasus. Dimana upaya tracing dan testing yang perlu ditingkatkan sejalan dengan kenaikan kasus tersebut. 

"Testing harus dilakukan terhadap orang-orang kontak erat hasil dari tracing, kami melihat kota-kota yang ada kenaikan, disiplin untuk kontak erat dan melakukan testing bagi orang yang didefinisikan sebagai kontak erat sudah sangat rendah," tegasnya. 

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau semua pimpinan daerah, bupati dan wali kota agar selalu meningkatkan dan menjaga disiplin tracing dan testing. Sebab, sangat penting untuk bisa mencegah adanya gelombang baru. (OL-7)

BERITA TERKAIT