22 November 2021, 17:49 WIB

Presiden: Pastikan Kesiapan Rumah Sakit untuk Antisipasi Lonjakan Kasus Akhir Tahun 


Andhika Prasetyo | Humaniora

PRESIDEN Joko Widodo menginstruksikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk memastikan kesiapan rumah sakit-rumah sakit dan fasilitas-fasilitas kesehatan lainnya jika terjadi lonjakan kasus pascaperiode libur Natal dan tahun baru. 

Arahan tersebut disampaikan Jokowi saat memimpin rapat terbatas terkait evaluasi PPKM di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (22/11). 

"Saya minta Menkes melakukan langkah antisipasi untuk memastikan kesiapan rumah sakit apa bila terjadi lonjakan pasien selama akhir Desember dan awal Januari," ujar Jokowi. 

Sedianya, pemerintah akan menerapkan PPKM Level 3 di seluruh wilayah Indonesia pada masa libur akhir tahun demi mencegah terjadinya mobilisasi massa yang memicu penyebaran covid-19. Namun, menurut presiden langkah-langkah antisipatif tetap perlu dilakukan. 

Baca juga : Presiden: Komunikasikan Rencana PPKM Level 3 dengan Baik

"Terutama di daerah-daerah yang saat ini sudah mengalami peningkatan kasus," sambungnya. 

Ia juga menugaskan seluruh menteri dan kepala instansi terkait untuk bisa mencapai target vaksinasi yang telah ditetapkan. 

Jokowi ingin, pada akhir 2021, sebanyak 70% masyarakat sudah menerima suntikan vaksin. 

"Jemput bola, datangi masyarakat. Vaksinasi door to door sudah baik. Back up dari TNI dan Polri juga perlu dilakukan dan kepada pemda yang capaian vaksinasinya rendah, saya minta diberi bantuan khusus," tandasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT