22 November 2021, 13:10 WIB

Perdatin Bahas Poliherbal sebagai Terapi Pemulihan Pasien Covid-19


Mediaindonesia.com |

PERHIMPUNAN Dokter Spesialis Anestesia dan Terapi Intensif Indonesia (Perdatin) menggelar Kursus Penyegar dan Penambah Ilmu Anestesi (KPPIA) pada 6-9 (sesi I), 10-30 (sesi II), 13-14 (sesi III), dan 20-21 (sesi IV) November 2021. Salah satu yang dibahas dalam pertemuan ilmiah secara virtual ini yaitu manfaat poliherbal, dalam hal ini Onoiwa MX, sebagai adjuvant therapy untuk mencegah perburukan serta  mempercepat pemulihan pada pasien covid-19 di ICU.

"Poliherbal ini memperbaiki kebutuhan nutrisi yang tinggi pada pasien-pasien di ruangan ICU," ujar dr Yutu Solihat SpAn KAKV (K), Kepala KSM Anestesi di RSUP Adam Malik Medan dan staf pengajar anestesi di Kedokteran Universitas Sumatra Utara, dalam keterangan resmi, Senin (22/11). Ada pengaruh gizi yang memadai dan asupan nutrisi tertentu, imbuhnya, dari sediaan berbasis bahan alam berkhasiat meningkatkan status gizi pasien covid-19. 

Rekomendasi umum untuk pasien covid-19 mengikuti diet sehat untuk mempertahankan kekebalan tubuh. Asupan untuk beberapa mikronutrien dapat dianjurkan. Suplemen poliherbal dapat membantu meningkatkan dan memulihkan tingkat darah normal pasien covid-19. Dengan demikian, lanjut Yutu, terapi adjuvant dengan formula poliherbal tersebut efektif dapat dijadikan alternatif dalam penanganan covid-19. 

Di sisi lain, Direktur Utama RS Bunda Thamrin Medan dan staf pengajar di Universitas Sumatra Utara dr Hasanul Arifin SpAn KIC (K) membahas mengenai manfaat Onoiwa MX sebagai salah satu alternatif penanganan hipoalbuminemia pada pasien-pasien di ICU. Efektivitas Onoiwa MX, imbuhnya, dalam menaikkan kadar albumin di dalam darah cukup menjanjikan. Ketersediaannya yang berbentuk likuid memudahkan dalam pemberian secara enteral dan mudah diserap oleh tubuh.

Poliherbal itu mengandung ekstrak kkan gabus yang berfungsi menurunkan proses inflamasi dan stres oksidatif. Albumin menstabilkan dan meningkatkan transportasi kurkumin pada target virus intraseluler, meningkatkan efektivitas kombinasi kelor dan obat-obatan memblokir virus SARS CoV-2 untuk fusi dan atau masuk ke sel, serta strategi efektif pengobatan infeksi virus. 

Kandungan lain dalam poliherbal itu ialah temulawak. Ia memiliki kandungan kurkumin yang punya fungsi meredakan nyeri sendi dan tulang, menurunkan lemak darah, dan sebagai antioksidan. Kurkumin sebagai antihepatotoksik merangsang sel hati membuat empedu, mencegah hepatitis dan gangguan hati, membantu menurunkan kadar SGOT dan SGPT merangsang fungsi pankreas, menambah selera makan, mampu merangsang metabolisme sistem hormon dan fisiologi tubuh. 

Kandungan ketiga yaitu daun kelor. Ia memiliki empat komponen zat aktif yaitu kaempferol, pterygospermin, morphine, dan quercetin yang menghambat energi pada target obat virus covid-19. Mikronutrien dalam kandungan daun kelor sangat berguna untuk meningkatkan imunitas. (OL-14)

BERITA TERKAIT