22 November 2021, 13:25 WIB

Presiden: Manfaatkan Geopark dengan Bertanggung Jawab


Andhika Prasetyo |

BERADA di kawasan cincin api semestinya tidak selalu diasosiasikan dengan bencana dan kerugian. Lebih dari itu, ring of fire memberi banyak berkah, sebagaimana terjadi pada Indonesia.

Terletak di wilayah yang sakral, yang penuh dengan aktivitas seismik, membuat Nusantara diberkahi banyak warisan berupa lokasi-lokasi mempesona bekas terjadinya fenomena alam. Danau Toba, Cileteuh dan Raja Ampat menjadi segelintir dari belasan kawasan indah tersebut atau yang lebih dikenal dengan geopark.

Presiden Joko Widodo pun memberikan perhatian lebih kepada taman-taman bumi itu. Ia menekankan bahwa warisan alam yang merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa harus dijaga, diindungi, dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

"Untuk itulah konservasi kawasan dilakukan, untuk melindungi agar unsur-unsur geologi yang masih utuh tidak serta-merta mengalami kerusakan. Kita harus menjaga warisan geologi, geoheritage, serta nilai-nilai di dalamnya seperti nilai arkeologi, ekologi, sejarah, dan budaya sehingga bisa terus diwariskan kepada generasi yang akan datang," ujar Presiden dalam Konferensi Nasional Geopark Indonesia II, Senin (22/11).

Kepala Negara menambahkan geopark tidak bisa hanya dijadikan sebagai tempat pelestarian semata. Pasalnya, kawasan tersebut memiliki potensi ekonomi yang besar dan mampu memberi manfaat luar biasa kepada masyarakat di sekitar.

"Geopark bukan saja tempat konservasi, tapi juga bisa dikembangkan untuk pengembangan ekonomi masyarakat sekitar melalui geowisata. Dengan begitu, akan terjadu keseimbangan antara konservasi lingkungan dengan pemanfaatannya untuk kesejahteraan masyarakat," jelas mantan wali kota Solo itu.

Taman-taman bumi itu juga bisa difungsikan sebagai pusat pembelajaran bagi masyarakat dunia. Di sana, ada begitu banyak ilmu yang bisa diambil, mulai dari tentang bumi itu sendiri, keragaman hayati hingga warisan budaya yang ada di sekelilingnya.

Tentu saja, lanjut Presiden Jokowi, pemanfaatan geopark sebagai pusat wisata dan edukasi harus mengedepankan cara-cara yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.

"Semua harus kita jaga dan lindungi, tidak dirusak dan dieksploitasi secara berlebihan. Kita harus bertanggung jawab terhadap keberlangsungan lingkungan dan ekosistem, sehingga geopark-geopark tetap terjaga dan menjadi kebanggaan bangsa dan negara kita," tuturnya. (P-2)

BERITA TERKAIT