19 November 2021, 20:35 WIB

Banyak Manfaat Kesehatan, Olahraga Berkuda Mulai Digandrungi


mediaindonesia.com |

PANDEMI Covid-19 yang berlangsung sejak 2019 setidaknya telah membuat sejumlah aktivitas kehidupan terganggu. Untuk mencegah penularkan virus korona, protokol kesehatan diberlakukan yang dikenal dengan 5M.

Bukan hanya kegiatan keseharian yang terganggu, aktivitas olahraga pun juga terkena imbasnya. Padahal, dengan olahraga yang tepat setidaknya bisa menguatkan imunitas dan meminimalir penyebaran virus dalam tubuh.

Melihat positifnya olahraga menjaga imunitas dalam tubuh, sejumlah olahraga menjadi viral saat pandemi berlangsung. Oiahraga-olahraga tersebut antara lain bersepeda, e-sport, golf, dan berkuda.

Olahraga berkuda memang kian popular dengan tampilnya kalangan selebritas dan artis yang memiliki hobi berkuda. Bahkan artis-artis cantik seperti Anya Geraldine, Nabila Syakieb, Dian Sastrowardoyo, dan Kezia Aletheia kerap mempublikasikan kegiatan berkuda mereka.

Ternyata berkuda bukan sekadar olahraga tetapi olahraga yang memiliki beberapa manfaat. Gulf News, media berbahasa Inggris dari Dubai, Uni Emirat Arab, menulis sebuah artikel tentang manfaat olahraga berkuda.    

Secara singkat disebutkan bahwa berkuda memiliki manfaat pertama, melatih otot inti. Ternyata juga salah satu bentuk kebugaran isometrik, yang dapat memperkuat inti tubuh. Hanya dengan menyeimbangkan pada hewan, penunggang dipaksa untuk menggunakan otot tertentu, seperti paha.

Kedua, menguatkan otot paha. Menunggangi kuda dapat melatih otot bokong, paha depan, dan paha belakang. Otot akan mengencang dan mengendur saat bergerak naik dan turun bersama kuda.

Ketiga, membakar kalori. Menurut Federasi Berkuda Inggris, kuda berlari pelan selama 30 menit membakar sekitar 360 kalori dan membantu mengencangkan perut.

Keempat, meningkatkan fleksibilitas. Faktanya, dengan menunggang kuda, bagian tertentu dari tubuh, seperti pinggul, cenderung meningkat dalam hal kelenturan, bergantung pada semakin sering penunggang mencobanya.

Kelima, bermanfaat untuk kesehatan mental. Kuda juga dikenal karena kualitas penghilang stresnya. Sejak 600 tahun SM, ada bukti bahwa orang Yunani kuno mengakui nilai terapeutik kuda.

Jadi berkuda bukan hanya aktivitas rekreasi yang mahal. Karena, banya orang mengetahui harga seekor kuda tidak murah dan harganya miliaran rupiah.

Berbicara tentang olahraga berkuda, Anton Pratama selaku CEO dari Kezzilaz, mengatakan bahwa olahraga berkuda menjadi pilihan masyarakat saat ini dianggap menarik karena selain menyehatkan lantaran diadakan di arena lapang yang terbuka.

”Selain itu ada kebanggaan tersendiri tentunya ketika berada di atas kuda,” terang Anton pada keterangan pers, Jumat (19/11).

Lantas, apakah jika ingin berkuda harus memiliki kuda? Anton menolak anggapan terserbut. Menurut Anton, sejumlah tempat pelatihan berkuda menyediakan kuda yang dapat dipinjamkan.

“Ada banyak sekali lokasi latihan berkuda di sekitaran Jakarta seperti di Pulomas (Equinara), Gunung Putri Bogor (Ananthya), Scientia Square Park  Serpong (Kezzillaz), dan lainnya. Jadi nggak usah takut tidak tersedianya kuda untuk latihan. Ada banyak kok,” jelasnya.

Sejumlah selebritas di Tanah Air pun kini mulai tertarik dengan olahraga yang satu ini. Dilansir dari instagram pribadinya masing-masing, artis-artis cantik seperti Anya Geraldine, Nabila Syakieb, Dian Sastrowardoyo, dan Kezia Aletheia kerap memposting kegiatan berkudanya.

“Kami juga menyediakan perlengkapan-perlengkapan berkuda baik untuk kuda peliharaan, kuda latihan atau profesional. Perlengkapan-perlengkapan tersebut antara lain sadel set, perawatan kuku kuda, safety vest (rompi berkuda),” terangnya.

Namun, lanjut Anton, yang menjadi produk unggulannya adalah ZK Kezillaz Saddle yang didesain langsung di Breslaurer, Buettelborn Jerman.

“Semua tersedia di Kezillaz Tack Shop. Harga perlengkapan kudanya mulai dari Rp 75 ribu sampai yg harga jutaan ada semua," tuturnya.

Dengan hadirnya Kezillaz Tack shop, bagi mereka yang berminat berolahraga berkuda, dan membeli perlengkapan berkuda bisa dilakukan secara online, tinggal Whatsapp atau dm Instagram mereka di @kezillaz. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT