18 November 2021, 13:55 WIB

Mensos Ungkap PNS Penerima Bansos tinggal Rumah Besar di Menteng


Mohamad Farhan Zhuhri | Humaniora

MENTERI Sosial Tri Rismaharini menjelaskan ada temuan salah satu rumah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di kawasan Menteng tersebut memiliki ukuran 100 meter persegi dan memiliki mobil, mendapatkan bantuan sosial.

“Rumah yang diketahui dapat bansos tapi rumahnya besar, ada di kawasan Menteng,” kata Risma dalam konferensi pers ‘Pemadanan Data’ di Kantor Kemensos, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (18/11).

Selain di Menteng, Risma juga menemukan beberapa rumah lainnya yang diketahui memiliki luas lebih dari 100 meter persegi, namun pemiliknya mendapatkan bansos. Kendati demikian Risma tidak menyebut secara rinci letak dan kawasan mana saja rumah tersebut.

Baca juga: Sebanyak 31.624 Data ASN Terima Bantuan Sosial akan Dikembalikan Ke Daerah

Sebelumnya Kemensos menemukan sebanyak 31.624 PNS yang terindikasi menerima bansos. Dari jumlah tersebut, sebanyak 28.965 PNS aktif, sedangkan sisanya diperkirakan merupakan pensiunan.

Padahal, orang yang mendapatkan pendapatan rutin dari pemerintah seharusnya tidak mendapatkan bansos. Bantuan tersebut hanya diperuntukkan bagi warga miskin dan tidak mampu sesuai dengan kriteria penerima bansos.

Risma mengatakan pihaknya akan mengembalikan data ini kembali ke daerah agar diperiksa ulang dan ditindaklanjuti oleh daerah. (OL-4)

BERITA TERKAIT