17 November 2021, 21:04 WIB

Presiden Instruksikan Kementerian/Lembaga Sisihkan Anggaran Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19 


Andhika Prasetyo | Humaniora

PRESIDEN Joko Widodo menginstruksikan para menteri dan kepala lembaga negara untuk melakukan pencadangan anggaran guna mengantisipasi lonjakan kasus covid-19. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani selepas mengikuti Sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (17/11), menjelaskan instruksi tersebut diberikan berbekal pengalaman yang terjadi pada pertengahan tahun ini. 

Saat varian delta merebak dan memicu gelombang kedua, pemerintah tidak siap lantaran tidak ada anggaran khusus yang disisihkan. 

Baca juga : Lonjakan Kasus Covid-19 Terjadi di Eropa, Presiden: Semua Harus Tetap Waspada

"Pak Presiden menginstruksikan agar seluruh kementerian/lembaga melakukan pencadangan sehingga kalau sampai terjadi adanya situasi seperti yang kita hadapi dengan varian delta di Juli-Agustus lalu, kita tidak perlu melakukan refocusing. Refocusing itu membuat disrupsi di dalam pelaksanaan anggaran," ujar Sri Mulyani. 

Kendati demikian, kepala negara belum menetapkan besaran dana yang harus dicadangkan setiap kementerian/lembaga. Namun, Menkeu memperkirakan angka yang ideal adalah 5% dari total anggaran instansi masing-masing. (OL-7)

BERITA TERKAIT