17 November 2021, 11:21 WIB

Pemenang Habibie Prize Periode XXIII Raih Hadiah US$25 ribu


M. Iqbal Al Machmudi |

DALAM penganugerahan Habibie Prize Periode XXIII sebanyak lima orang pemenang akan diberikan hadiah sebanyak US$25 ribu, mendali, dan sertifikat.

"Penerima Habibie Prize akan diberikan penghargaan berupa medali, sertifikat, dan uang senilai US$25 ribu hari ini merupakan momentum dan dorongan untuk kita semua berupaya menghasilkan lebih banyak lagi prestasi-prestasi lainnya," kata Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Dr.Laksana Tri Handoko dalam Pemberian Penghargaan Habibie Prize Periode XXIII secara daring, Rabu (17/11).

Pada periode ini terdapat lima kategori bidang Iptek dan inovasi yaitu ilmu dasar, ilmu kedokteran dan bioteknologi, ilmu rekayasa, ilmu ekonomi sosial politik, serta hukum ilmu filsafat agama dan kebudayaan.

"Tahun ini terdapat total 90 kandidat dari ke lima bidang ilmu tersebut yang kemudian diseleksi dan dinilai oleh dewan juri yang kemudian ditetapkan dalam suatu rapat pleno yang dipimpin oleh ketua panitia dewan juri Habibie Prize tahun 2021," ujar Tri Handoko.

Penganugerahan Habibie Prize merupakan salah satu upaya melanjutkan harapan dan cita-cita B J Habibie untuk membangun SDM Indonesia unggul dan berdaya saing. Tentunya sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo dalam hal pengembangan SDM pembangunan yang unggul.

SDM yang unggul akan sangat mendukung kemajuan Indonesia karena menjadi salah satu kunci utama peningkatan daya saing di percaturan global.

Menurut Tri Handoko, kemajuan suatu bangsa tidak cukup hanya dengan tersedianya sumber daya alam yang melimpah dan pembangunan infrastruktur yang masif tetapi harus didukung dengan peningkatan kualitas SDM.

"SDM Indonesia yang mampu berinovasi untuk membangun bangsa. Nama Habibie digunakan untuk mengenang jasa Bacharuddin Jusuf Habibie dan sekaligus pencetus Anugrah Habibie Award," pungkasnya. (Iam/OL-09)

BERITA TERKAIT