16 November 2021, 12:40 WIB

Ini Jadwal Uji Klinis Vaksin Merah Putih


Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora

BIBIT Vaksin Merah Putih telah diserahkan Universitas Airlangga kepada PT Biotis Pharmaceutical. Uji praklinis tahap 1, 2, dan 3 pada hewan menunjukkan hasil yang aman dan baik.

Uji klinis tahap 1 juga akan segera dilakukan kepada 100 orang,” tulis laman Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Selasa, (16/11).

Uji klinis tahap 2 bakal dilakukan pada Januari 2022. Pengujian dilakukan terhadap 400 orang. “Kemudian tahap 3 pada kurang lebih 1.000 orang pada Februari 2022,” tulis data Satgas.

Baca juga: Tanah Longsor di Lumajang, Rumah Rusak dan Jalur Antardesa Terputus

Satgas berharap pengembangan vaksin di dalam negeri tak hanya memperluas perlindungan bagi masyarakat. Namun juga memantapkan kemampuan Indonesia menguasai teknologi pembuatan vaksin.

Sebelumnya, Universitas Airlangga menyerahkan bibit Vaksin Merah Putih kepada PT Biotis Pharmaceutical pada Selasa, (9/11). PT Biotis Pharmaceutical akan memproduksi vaksin ini jika sudah mendapatkan persetujuan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (Badan POM).

“Saya ucapkan rasa bangga yang sangat tinggi kepada rekan-rekan di Universitas Airlangga yang telah mampu menghasilkan seed vaksin dalam negeri,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Vaksin Merah Putih merupakan vaksin yang dikembangkan oleh peneliti Indonesia guna memenuhi kebutuhan vaksin covid-19 di Tanah Air. Pengembangan vaksin tersebut melibatkan berbagai institusi selama prosesnya.  (H-3)

BERITA TERKAIT