14 November 2021, 21:00 WIB

Media Indonesia dan Unand Gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkatkan Literasi Mahasiswa


M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora

MEDIA Indonesia dan Universitas Andalas (Unand) menyelenggarakan pelatihan jurnalistik secara daring yang diikuti mahasiswa dan dosen Unand.

Wakil Dekan III Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) Unand Dr Azrifirwan berharap setiap mahasiswa memiliki kompetensi yang sama antara mahasiswa lain di Indonesia,

"Pelatihan ini merupakan kesempatan yang bagus bagi kita untuk menjadikan mahasiswa yang ada di Unand menjadi bagian perubahan. Menjadi bagian dari orang yang mengekspresikan suatu hal dalam bentuk tulisan atau tindakan berbasiskan data, informasi, dan pengetahuan, kata Azri dalam Pelatihan Jurnalistik Media Indonesia dan Unand secara daring, Minggu (14/11).

Baca jugaIzin Konsesi Sawit di Wilayah Papua Dikeluarkan Era Menteri MS Kaban

Selain itu menjadikan sebagai wahana untuk menunjukkan intelektual para mahasiswa melalui tulisan. Sehingga berharap tulisan para mahasiswa menjadi cerminan pikiran yang harus diaktualisasi.

"Tentu kami berharap dari hasil pelatihan dasar ini bisa menjadi mahasiswa yang bisa mencermati dinamika yang ada di negeri dan menjadi orang yang ikut melakukan perubahan dan bisa mewarnainya," ujar Azri.

Pelatihan ini juga selaras dengan kebijakan Menteri Pendidikan Kebudayaan dan teknologi Nadiem Makarim yang meminta para kampus untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk ikut dalam program Kampus Merdeka Belajar tidak terikat dalam satuan SKS.

"Oleh karena itu kita berharap mahasiswa yang belajar jurnalistik dan keluar dari kampus dapat mengaktualisasikan kompetensinya pada tulisan atau video," ungkapnya.

Pelatihan ini diharapkan tidak hanya sekali tapi terus bergulir sehingga menjadikan mahasiswa di Unand menjadi mahasiswa yang mampu mencermati dinamika yang terjadi di sekitar dan memiliki kemampuan mengekspresikan dalam bentuk tulisan dan video pendek.

"Mahasiswa yang ikut pelatihan berharap mampu bisa menjadi jurnalis kampus yang berkembang menjadi orang yang bisa menulis dengan kemampuan yang dimiliki," pungkasnya. (H-3)

BERITA TERKAIT