14 November 2021, 17:45 WIB

Ini Pengertian Makanan 4 Sehat 5 Sempurna


Sofia  | Humaniora

ANDA pasti pernah mendengar makanan 4 sehat 5 sempurna. Tapi, tahukah Anda apa artinya?

Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah menu makanan yang lengkap dan mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Masing-masing zat gizi ini terkandung dalam berbagai jenis makanan yang berbeda.

Baca juga: KTT COP26 Menghasilkan Pakta Iklim Glasgow

Makanan 4 sehat 5 sempurna sudah menjadi kampanye kesehatan sejak dahulu. Tujuannya adalahuntuk meningkatkan nutrisi dan mewujudkan masyarakat yang kuat dan sehat. Makanan dengan kandungan gizi dan nutrisi penuh ini harus dikonsumsi siapa saja tidak, mengenal usia.

Pengertian makanan 4 sehat 5 sempurna 

Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang memiliki kandungan gizi lengkap mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral. 

Makanan 4 sehat terdiri atas makanan pokok, lauk pauk, sayur, dan buah. Sedangkan 5 sempurna merupakan susu yang merupakan nutrisi tambahan. 

Awalnya makanan 4 sehat dan 5 sempurna ini merupakan kampanye yang digalakkan pemerintah namun saat ini sudah menjadi gaya hidup sebagian orang. 

Kesadaran akan konsumsi makanan yang sehat harus juga didampingi dengan gaya hidup sehat lainnya seperti istirahat cukup, olahraga rutin, dan gaya hidup bersih dan sehat. Dengan melakukan hal-hal tersebut, tubuh akan selalu fit dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Ada beberapa contoh makanan 4 sehat 5 sempurna di bawah ini :

• Lauk-Pauk

Lauk pauk adalah segala macam makanan yang disajikan sebagai peneman utama hidangan nasi, umumnya banyak mengandung protein, baik hewani maupun nabati. Lauk pauk hewani, antara lain daging, unggas, ikan, dll. Sedangkan lauk pauk nabati berupa tahu, tempe, dll.

• Sayur-Mayur

Pengertian sayur : sayur adalah semua jenis tanaman yang dapat dikonsumsi baik yang diambil dari akar, batang, daun, biji, bunga atau bagian lain yang digunakan untuk diolah menjadi masakan.

Sayuran mengandung zat gizi yang berfungsi mengatur metabolisme (proses kerja tubuh). Zat pengatur ini terdiri dari air, vitamin, dan mineral . jenis zat gizi ini banyak terdapat pada makanan yang berasal dari sayuran dan buah-buahan.

Sedangkan sebagian besar sayuran mengandung vitamin sesuai dengan warnanya :

  1. Sayuran berwarna hijau banyak mengandung klorofil, Vitamin A dan Vitamin B.
  2. Sayuran yang berwarna merah atau kuning banyak mengandung karotin dan Vitamin A.
  3. Sayuran yang berwarna kuning dan berasa asam banyak mengandung Vitamin C.
  4. Sayuran yang mempunyai aroma yang tajam banyak mengandung sulfur seperti kol, Lobak, bawang, pete, jengkol dan yang lainya.

• Buah

Ketika kita mengonsumsi buah, suplai energi dapat bertambah dengan cepat. Tambahan tenaga ini sangat urgen untuk menghadapi jadwal yang padat. 

Karena itu, atlet tidak jarang terlihat mengonsumsi buah, sebelum, ketika jeda, dan pun setelah berlatih atau bertanding.

Buah-buahan laksana aprikot, apel, pisang, berry, jeruk bali, dan jeruk, paling baik untuk mengayomi jantung sebab kaya bakal kandungan flavonoids, caretonoids, serat, potasium, dan magnesium. 

Buah pun berisi vitamin A, B6, C, E, K, dan asam folat yang dapat mengontrol kadar kolesterol serta menangkal penyakit yang sehubungan dengan jantung serta stroke.

Diabetes tipe 2 ialah masalah utama yang dihadapi dunia. Meski buah pada faktanya menyehatkan buat seluruh orang, ada sejumlah jenis yang berisi karbohidrat berlebih yang tidak aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. 

Buah-buahan seperti apel, alpukat, ceri, pisang, dan jeruk masih dapat dikonsumsi sebab mempunyai indeks glikemik yang rendah, yakni tidak cukup dari 55 sampai-sampai dapat menolong mengontrol kadar gula dalam darah.

• Susu dan produk olahannya

Minum susu usahakan dilazimi sejak kecil. Susu memiliki tidak sedikit manfaat untuk anak-anak. Bukan melulu menjaga tulang tetap sehat dan kuat, tetapi susu pun membantu perkembangan dan pertumbuhan anak secara keseluruhan.

Susu ialah salah satu sumber kalsium terbaik. Teratur minum susu akan menciptakan tulang anak sehat dan powerful dan menjangkau kepadatan tulang optimalnya di umur 25-30th. Asupan susu untuk anak-anak pun mempengaruhi tinggi badan mereka.

Vitamin D sering kali kerap ditambahkan (fortifikasi) dalam susu. 

Vitamin D ini menolong tubuh menyerap kalsium dari sekian banyak sumber. Susu yang difortifikasi vitamin D diandalkan membantu menambah pertumbuhan tulang anak pun mengurangi bisa jadi tulang rapuh di masa mendatang.

Vitamin D dapat menolong mengurangi peradangan dan menambah sistem kekebalan tubuh anak. Kekurangan vitamin D dapat menambah risiko osteoporosis di masa depan atau rakhitis pada masa kanak-kanak.

Susu kaya kalsium dan fosfor, paling penting untuk perkembangan kesehatan gigi anak. Kalsium dan fosfor bersama-sama menolong menjaga kesehatan gigi.

Salah satu protein terpenting yang ditemukan dalam susu ialah kasein. Ini menolong membentuk film (lapisan) tipis di permukaan email gigi dan menolong mencegah hilangnya kalsium dan fosfat. 

Hal ini paling membantu saat gigi anak barangkali terkena asam muncul di mulut.Susu sapi adalah sumber kalium (potasium yang dapat menambah vasodilatasi dan menurunkan desakan darah. (OL-1)

BERITA TERKAIT