11 November 2021, 15:15 WIB

80.000 Guru Lulus Program Pembelajaran Berbasis TIK 2021


Faustinus Nua | Humaniora

SEBANYAK 80.000 guru dinyatakan lulus program Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) 2021. Program yang dimulai sejak 15 April 2021 dan diselenggarakan dalam 4 level itu resmi ditutup hari ini, Kamis (11/11).

Direktur Jenderal PAUD Dikdasmen, Kemendikbud-Ristek, Jumeri menyampaikan bahwa PembaTIK merupakan program unggulan dari Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin). Para guru dari berbagai daerah mendapat bimbingan teknis terkait pemanfaatan TIK dalam pembelajaran. "Kami berharap program bimbingan teknis PembaTIK 2021 yang telah diikuti oleh 80.000 guru di Indonesia dapat meningkatkan kompetensi TIK guru sesuai dengan standar UNESCOndengan memanfaatkan portal Rumah Belajar sebgai medianya," ujar Jumeri dalam sambutan Kuliah Umum PembaTIK Level 4: Berbagi dan Berkolaborasi, Kamis (11/11).

Menurutnya, program PembaTIK menjadi suatu langkah maju dalam mewujudkan visi pendidikan Indonesia dan mewujudkan Indonesia Maju. Program itu pun sudah mensinergikan kebijakan-kebijakan Kemendikbud-Ristek seperti program Merdeka Belajar Guru Penggerak dan juga bantuan kuota data internet. "Dari 80.000 guru yang mengikuti hingga terpilihlah guru-guru terbaik yang diharapkan akan menjadi penggerak komunitas-komunitas guru di wilayah, terutama untuk pendayagunaan TIK dalam kegiatan pembelajaran," imbuhnya.

Jumeri pun berpesan agar bimbingan atau pengetahuan yang diperoleh itu bisa dibagikan kepada sesama rekan guru. Pengetahuan yang didapat perlu disebarluaskan agar semua guru di Indonesia bisa memaksimalkan TIK untuk pembelajaran dan memajukan pendidikan.

"Berbagi dan berkolaborasilah bersama rekan-rekan guru di komunitas anda. Kobarkan semangat literasi digital, maksimalkan potensi diri dengan memanfaatkan TIK dalam pembelajasan. Terus belajar menjadi garda terdepan dalam memajukan pendidikn di Indonesia," tandasnya.(H-1)

BERITA TERKAIT