10 November 2021, 22:08 WIB

UNJ Berikan Apresiasi Dosen dan Mahasiswa Peraih Medali PON XX Papua 


Mediaindonesia.com |

DALAM rangka memperingati Hari Pahlawan, Universitas Negeri Jakarta mengadakan acara pemberian penghargaan mahasiswa dan dosen peraih medali PON XX Papua 2021 serta pelepasan tim KMHE dan KMI EXPO. Acara itu merupakan bentuk penghargaan bagi para patriot olahraga UNJ yang sudah berjuang pada PON XX Papua. . 

Acara ini diselenggarakan secara terbatas di UTC lantai 8, Kampus A UNJ dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sedangkan secara daring disiarkan melalui kanal YouTube Kemahasiswaan UNJ. 

Dekan Fakultas Ilmu Keolahrahaan (FIK) UNJ Johansyah Lubis mengatakan, UNJ telah berupaya untuk memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan pengembangan olahraga di Indonesia melalui aktivitas pendidikan, pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.  

"Salah satu keberhasilan dan prestasi UNJ dalam memajukan dunia olahraga nasional, yaitu dengan mendidik dan menyiapkan para mahasiswa UNJ yang kemudian menjadi atlet perwakilan daerahnya di ajang PON Papua XX 2021 lalu. Tidak sedikit para mahasiswa dan dosen UNJ yang meraih juara pada PON Papua XX 2021," ujar Johansyah.  

"Kami ucapkan selamat kepada seluruh dosen dan mahasiswa yang berhasil mengharumkan nama UNJ pada ajang PON XX Papua 2021, 89 orang mahasiswa UNJ berprestasi dengan rincian 40 orang meraih medali emas, 22 perak, dan 27 perunggu. Dan ada pemecahan rekor atas nama Diva Renata Jayadi. Dan sebanyak kurang lebih 8 dosen yang berhasil menjadi pelatih dan official tim berprestasi," imbuh Johansyah.  

Johansyah menambahkan, para peraih medali tersebut berasal dari 12 Provinsi di Indonesia yaitu, DKI Jakarta, Bali, bangka Belitung, Banten, Jambi, Jawa Barat, Jawa tengah, Kalimantan Selatan, Papua, Riau, Sulawesi Barat dan Sulawesi selatan. Dan ada 4 fakultas diantaranya FBS, FE, FPPsi, FIK. 

Baca juga : Artha Graha Peduli Dukung Startup Anak Bangsa Kelola Lingkungan Indonesia

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNJ Abdul Sukur mengatakan pemberian apresiasi dibarengi dengan peringatan Hari Pahlawan karena peraih medali merupakan patriot olahraga Indonesia yang juga berhasil mengharumkan nama daerah serta almamater UNJ. 

"Perolehan medali tahun ini merupakan perolehan medali tertinggi dari seluruh jumlah perguruan tinggi yang ada di Indonesia, sebagai contoh dari UPI 32 medali emas, UNESA 16 medali dan UNNES di bawah 7" ujar Abdul Sukur. 

“Tentunya kami ucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada dosen dan mahasiswa yang telah berhasil dalam PON Papua XX 2021, kami juga mengundang Batavia TIM yang akan mengikuti Final KMHE serta 4 TIM KMI EXPO 12 tahun 2021 semoga dapat mengharumkan nama UNJ," imbuhnya.  

Rektor UNJ Komarudin menegaskan, pihaknya l terus berikhtiar untuk memantapkan posisi sebagai perguruan tinggi terdepan dan terbaik di negeri ini, salah satunya di bidang olahraga.  

Yang terbukti pada hari ini kita dapat merasakan hasilnya dengan 89 medali. Semoga prestasi yang membanggakan ini dapat menaikkan posisi IKU UNJ yang dilombakan oleh kemdikbudristek” ujarnya. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT