09 November 2021, 20:30 WIB

Penanganan Covid-19 di Indonesia Naik ke Peringkat 41, Tertinggi di ASEAN


Fachri Audhia Hafiez | Humaniora

PENANGANAN covid-19 di Indonesia mendapat pengakuan dunia internasional. Peringkat penanganan covid-19 Indonesia meningkat dan tertinggi di ASEAN.

"Dalam peringkat yang disusun oleh Nikkei, Indonesia berada di peringkat 41 naik dari peringkat 54. Kenaikan ini juga menempatkan Indonesia di peringkat tertinggi di antara negara-negara ASEAN," kata juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito melalui konferensi televideo, Selasa (9/11).

Indonesia Covid Recovery Indeks yang dirilis Nikkei menempatkan Indonesia di peringkat 41 dari 121 negara di dunia. Capaian itu diperoleh karena penanganan covid-19 nasional yang kian membaik.

Baca juga: Cegah Masuknya Varian Covid-19 AY.42, Pemerintah Perketat Pintu Masuk

Wiku juga menuturkan berdasarkan penilaian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) seluruh provinsi di Indonesia berada di tingkat penularan komunitas level 1 per Rabu, 3 November 2021. Masyarakat diharapkan menjaga kondisi itu dan berupaya mencegah lonjakan kasus covid-19.

"Capaian ini perlu untuk dipertahankan melalui kolaborasi masyarakat dan pemerintah. Sehingga, pandemi covid 19 dapat terus kendali dan ekonomi nasional dapat pulih dan tumbuh," ujar Wiku.

Sementara itu, per Senin, 8 November 2021, tercatat tersisa 0,23% orang yang positif covid-19 secara nasional. Lalu, angka kematian harian sebesar 3,38 persen dan angka kesembuhan sebesar 96,93%.

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat tenaga kesehatan petugas di lapangan dan pemerintah daerah yang sudah totalitas menjalankan perannya masing-masing dalam pengendalian covid-19," ujar Wiku. (MGN/A-2)

BERITA TERKAIT